3 Jenis Najis dan Berikut Cara Membersihkan Najis Sesuai Ajaran Islam

Kebersihan adalah salah satu hal yang utama diajarkan dalam Islam. Salah satu cara menjaga kebersihan adalah dengan menjaga wudhu. Namun bila tak sengaja anda terkena najis, maka cara membersihkannya akan berbeda dengan membersihkan kotoran biasanya. Anda bisa mengikuti langkah langkah Cara Membersihkan Najis dibawah ini.

Jenis Najis dan Cara Membersihkannya

  1. Najis Mukhaffafah

Najis ini tergolong paling ringan. Hal ini karena najis ini berasal dari manusia seperti air kencing dari bayi laki laki yang berumur belum 2 tahun. Najis Mukhaffafah dapat dibersihkan dengan cara mudah seperti memercikkan air pada area najis, mandi atau mencuci badan kemudian mengambil wudhu.

  1. Najis Mutawashitah

Najis jenis yang kedua adalah Mutawashitah. Najis ini berasal dari dubur manusia atau dubur hewan. Najis ini juga bisa disebabkan oleh minuman memabukkan atau dari susu, bangkai, tulang dan bulu dari binatang yang tak layak konsumsi. Cara Membersihkan Najis Mutawashitah ini  cukup dengan menggunakan alat kebersihan seperti biasanya.

  1. Najis Mughallazhah

Najis mughallazah tergolong berat karena berasal dari Babi atau Anjing dan juga hal lainnya. Untuk membersihkan najis ini harus melakukan basuh air sebanyak tujuh kali. Sebelum membasuh, akan diawali dengan mengusap tanah di area yang terkena najis. Itulah beberapa jenis Najis yang diketahui dan cara menyucikannya yang bisa anda lakukan.