Mengintip Apa Itu Speaker dan Fungsinya, Anda Wajib Tahu

Speaker adalah salah satu perangkat keras yang biasanya wajib dimiliki oleh komputer. Dengan adanya speaker akan berfungsi untuk mendengarkan suara yang ada di dalam komputer. Oleh karena fungsinya yang sangat krusial, maka perangkat ini umumnya wajib dan harus ada untuk dimiliki. Dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang apa itu speaker dan fungsinya. Berikut simak selengkapnya.

Pengertian Dari Speaker

Speaker yang merupakan salah satu perangkat di komputer ini merupakan salah satu piranti yang bisa disebut tidak dapat lepas dari komputer. Untuk itulah dapat dikatakan jika speaker memiliki peranan yang sangat penting. Diantaranya adalah untuk mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara yang bisa anda dapatkan.

Hal ini juga dikarenakan banyak pengguna lain memang cenderung lebih suka untuk mendengarkan musik atau menonton film tanpa menggunakan headset. Sehingga mereka pun akan membutuhkan speaker agar suara yang ada di dalam komputer bisa keluar dan menggelegar. Hadirnya speaker sendiri adalah untuk mendukung kegiatan tersebut.

Kemudian, speaker yang ada di dalam komputer juga memiliki tujuan dan fungsi sebagaimana mestinya. Namun, dalam menunjang perangkat satu ini juga akan dibutuhkan sound card atau pemroses audio dan suara. Selain itu, untuk modelnya sendiri, perangkat satu ini juga memiliki beragam fitur, bentuk dan juga ukuran yang beragam. anda pun bisa memilihnya sesuai dengan yang diinginkan.

Fungsi dan Jenis Dari Speaker

  1. Midrange

Untuk jenis speaker yang pertama berdasarkan fungsinya adalah midrange. Speaker satu ini memang sengaja dirancang untuk bisa menghasilkan suara dari rentang frekuensi yakni 500 Hz – 5000 Hz. Sehingga jenis speaker satu ini akan mampu menghasilkan suara yang sangat jelas dan fokus.

Sedangkan untuk ukurannya sendiri yakni sekitar 4 hingga 6 inci saja. Biasanya speaker jenis ini akan banyak digunakan untuk menghasilkan suara yang vokal. Kemudian, speakerini termasuk dari bagian speaker tipe 3 way. Fungsinya sendiri adalah untuk menangkap suara yang memiliki frekuensi tinggi yang umumnya tidak bisa untuk ditangkap oleh midbass dan tweeter.

  1. Tweeter

Setelah mengetahui apa itu speaker, maka anda pun bisa melanjutkan dengan tahu berbagai macam fungsi dan jenisnya. Jenis berikutnya adalah tweeter yang mana merupakan salah satu speaker terkecil yang bisa disebut juga dengan speaker treble. Untuk jenis satu ini umumnya memang sengaja dirancang untuk memproduksi batas antar rentang frekuensi yang dapat didengar.

Untuk istilah tweeter sendiri merupakan kata yang berasal dari tweet, dimana mewakili suara nada tinggi yang dibuat oleh beberapa burung. Dengan menggunakan speaker jenis satu ini, akan mampu menghasilkan suara yakni dengan rentang frekuensi sekitar 3500 Hz – 20 Hz.

Sedangkan untuk diafragma dari tweeter modern akan terbuat dari sutra, kain polyester dan juga film serta alumunium dan juga berbagai paduan khusus yang lain. Tentunya hal ini akan berbeda dengan jenis speaker yang dipasang terlebih dahulu pada box yang biasanya terdapat pada subwoofer, maka speaker jenis tweeter ini tentunya bisa langsung untuk dipasang.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tahu tentang speaker dan juga berbagai macam fungsi dan jenisnya. Perangkat satu ini memang sangat penting bagi komputer. Sebab, perlu anda tahu jika anda tidak memiliki speaker, maka perangkat komputer yang anda miliki pastinya tidak akan bisa mengeluarkan suara. Sehingga ketika anda ingin mendengarkan musik atau menonton film yang bersuara tentu saja harus menggunakan headset atau earphone.