Mengenal Arti Logo Pagar Nusa – Lambang Pencak Silat NU

Pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga yang berkembang di Indonesia. Olahraga pencak silat tidak terlepas dari tradisi masyarakat Indonesia serta salah satu olahraga yang berperan dalam perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Ada berbagai macam organisasi pencak silat yang terbentuk di Indonesia. Salah satunya adalah Pagar Nusa atau Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa. Organisasi pencak silat ini telah didirikan sejak 3 Januari 1986. Pondok Pesantren Lirboyo merupakan tempat bersejarah yang menjadi tempat peresmian Pagar Nusa. Nama Pagar Nusa diberikan oleh KH. Mujib Ridlwan yang juga merupakan pencipta lambang NU. Sebagai sebuah organisasi pencak silat resmi, Pagar Nusa juga mempunyai lambang tersendiri. Hal ini dilakukan agar semangat perjuangan dan tujuan dari Pagar Nusa dapat tercermin dalam lambang tersebut.

Makna Lambang Pagar Nusa

Setiap lambang dari sebuah organisasi tentu memiliki makna yang mendalam. Hal ini dikarenakan lambang menjadi identitas bagi organisasi tersebut. Sehingga, lambang perlu dibuat dengan makna yang mendalam. Hal ini juga terjadi pada lambang Pagar Nusa. Ada berbagai macam ornamen yang ada pada lambang Pagar Nusa. Salah satunya adalah bentuk segi lima yang menjadi bentuk utama dari lambang Pagar Nusa. Bentuk segi lima pada lambang Pagar Nusa melambangkan jumlah rukun Islam yaitu lima rukun. Selain itu, jumlah butir Pancasila sebagai dasar negara Indonesia juga lima. Oleh karena itu, bentuk segi lima ini menandakan bahwa Pagar Nusa memiliki dasar rukun Islam dan Pancasila saat menjalankan aktivitasnya.

Bentuk segi lima ini kemudian diberikan tepi garis berwarna putih yang berjumlah tiga buah. Tiga garis putih itu melambangkan bahwa sikap manusia dalam tiga bidang yaitu ibadah, akidah, dan muamalah. Tiga garis putih tersebut juga memiliki makna yang lain yaitu komponen penting dalam kehidupan seorang muslim yang harus dimiliki yaitu iman, islam, dan ihsan. Lambang Pagar Nusa juga dilengkapi dengan tulisan Pencak Silat Nahdlatul Ulama. Tulisan ini terletak di bagian atas lambang. Tulisan tersebut menandakan bahwa Pagar Nusa ada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara itu, di bawah tulisan Pencak Silat Nahdlatul Ulama, terdapat 9 buah bintang. Ada 1 bintang besar di bagian tengah dan 4 bintang di kedua sisinya. Salah satu makna dari 9 bintang tersebut adalah 1 bintang besar melambangkan Nabi Muhammad SAW, 4 bintang di sebelah kanan melambangkan Khulafaur Rasyidin, dan 4 bintang di sebelah kiri sebagai jumlah mazhab yang ada dalam Islam. Makna yang lain adalah 9 buah bintang sama dengan jumlah Walisongo yang mengajarkan Islam di Indonesia. Sementara itu, ada trisula yang ada di tengah melambangkan alam rahim, alam dunia dan alam akhirat yang saling berkesinambungan dan seimbang. Di belakang trisula ada bola dunia yang melambangkan pendekar dari Pagar Nusa dapat berkembang di berbagai tempat. Sedangkan pita di depan bola dunia dan bertuliskan laa gholiba illabillah memiliki arti tiada kemenangan selain pertolongan dari Allah. Sedangkan background berwarna hijau melambangkan kesuburan.

Mengunduh Lambang Pagar Nusa dengan Resolusi Tinggi

Sebagai sebuah organisasi pencak silat aktif, Pagar Nusa tentu memiliki berbagai macam aktivitas. Dalam penyelenggaraan aktivitas atau kegiatan tersebut tentu membutuhkan lambang Pagar Nusa yang harus dicetak. Untuk memastikan bahwa kualitas gambar lambang Pagar Nusa baik atau resolusi tinggi, masyarakat bisa mengunduh logo dari namatin.com. Ada banyak gambar dengan kualitas tinggi di website tersebut.