Asal Usul Candi Borobudur di Indonesia

Ada salah satu keajaiban dunia yang dimiliki oleh negara Indonesia salah satunya adalah Candi Borobudur. Candi ini adalah sebuah candi yang letaknya di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini masuk sebagai salah satu dari daftar 7 keajaiban dunia yang berada di tengah gunung yang menjulang tinggi.

Bangunan ini sendiri adalah sebuah tangunan yang dibangun pada abad ke 8 Masehi. Sedangkan peresmian candi ini sebagai salah satu tempat wisata di tanggal 15 Juli tahun 1980. Candi Borobudur sendiri adalah salah satu peninggalan dari Dinasti Syailendra yang dianut oleh beberapa penganut agama Buddha Mahayana.

Candi ini sengaja dibangun sebagai salah satu rasa maupun ungkapan nyata dari rasa hormat kepada para leluhur. Bahkan bangunan dari Candi Borobudur ini sendiri juga digunakan sebagai salah satu kesaradan dan kebesaran umat beragama khususnya Buddha.

Adapun beberapa tahapan dari pembangunan Candi Borobudur ini sendiri yang diantaranya adalah:

  • Tahap Pertama (780 Masehi)
  • Tahap Kedua (792 Masehi)
  • Tahap Keempat (824 Masehi)
  • Tahap Kelima (833 Masehi)

Beberapa tahapan ini dibuat berdasarkan beberapa relief-relief candinya. Relief dibentangkan sepanjang 3 meter. Adapun 1460 pigura yang diselingi dengan beberapa bidang pemisah yang jumlahnya mencapai 1212 buah. Adapun beberapa hiasan simbar dengan bentuk segitiga yang jumlahnya 1476 buah. Untuk waktu pengerjaan candi ini dimulai dari tahun 1973 sampai dengan tahun 1983.