Mengenal 5 Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Bunga wijaya kusuma merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap kali dicari oleh kolektor. Hal ini lantaran tak hanya memiliki bentuk dan warna yang cantik, gambar bunga yang indah ini juga memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh anda. Penasaran dengan manfaat tanaman wijaya kusuma untuk kesehatan tubuh? Anda pun bisa menyimak ulasannya berikut ini.

Manfaat Tanaman Wijaya Kusuma Untuk Tubuh

  1. Mampu Obati Pendarahan Pada Rahim

Salah satu manfaat dari bunga satu ini adalah mampu untuk mengobati pendarahan yang terjadi di rahim. Untuk anda yang ingin merasakan manfaat dari bunga satu ini adalah dengan merebus terlebih dahulu 3 hingga 5 tangkai tanaman wijaya kusuma. Kemudian, anda pun bisa meminumnya secara rutin agar cepat sembuh.

Akan tetapi, jika anda dalam masa kehamilan dan ingin mengonsumsi ramuan herbal ini, ada baiknya anda bertanya terlebih dahulu pada dokter kandungan. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak terdapat efek samping yang membuat kandungan dalam keadaan yang berbahaya.

  1. Atasi Radang Tenggorokan

Mengalami kondisi dimana tenggorokan mengalami radang adalah salah satu hal yang tidak bisa ditoleransi. Sebab, ketika makan atau minum pun akan menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, radang tenggorokan ini tentunya akan menghambat berbagai aktivitas harian yang anda jalankan.

Jika keadaan tersebut berlanjut dalam waktu yang lama, tentunya tidak akan memberikan dampak yang baik. Salah satu cara untuk mengatasi masalah satu ini adalah dengan mengonsumsi rebusan bunga wijaya kusuma. Obat herbal satu ini memang kerap kali digunakan sebagai salah satu cara untuk meredakan radang tenggorokan yang anda derita.

Cara mengobati radang tenggorokan dengan menggunakan bunga satu ini adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Anda bisa mengambil 3 hingga  5 tangkai dari bunga satu ini. kemudian, rebuslah dengan menggunakan air bersih. Diamkan setelah beberapa saat dalam kondisi hangat lalu anda pun bisa meminumnya. Selain atasi radang tenggorokan, ramuan ini juga bagus untuk obati asma dan sesak nafas.

  1. Atasi Bisul

Bisul menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu. Oleh karena itu, anda pun bisa mencoba untuk mengobati bisul dengan menggunakan tanaman wijaya kusuma. Dengan menggunakan tanaman satu ini, ternyata akan mampu membuat bisul menjadi lebih cepat untuk kempes. Tentunya hal ini akan menjadi  alternatif bagi anda yang ingin hilangkan bisul.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menghaluskan tanaman wijaya kusuma tersebut. Anda bisa menumbuknya hingga membentuk serbuk yang halus. Setelah itu, tambahkan dengan sedikit air sehingga nantinya akan membentuk pasta. Lalu, anda pun bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat bisul.

  1. Mampu Obati Luka

Jika anda mengalami luka luar, maka hal ini juga bisa diatasi dengan menggunakan tanaman satu ini. dengan menggunakan tanaman wijaya kusuma, hal tersebut akan membuat luka atau goresan pada kulit anda menjadi lebih cepat untuk kering. Caranya adanya dengan menumbuk bunga ini hingga halus. Setelah itu, langsung saja oleskan pada bagian yang terluka. Biarkan selama beberapa saat hingga meresap dan mengering.

Selain memiliki bentuk yang sangat indah, wijaya kusuma menjadi salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Hal ini tentunya karena banyak sekali khasiat yang bisa anda dapatkan. Mulai dari mengobati luka luar seperti goresan atau bisul hingga untuk meredakan radang tenggorokan. Apabila anda ingin mengonsumsinya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.