Simpel, Begini Cara Keyboard Laptop Menyala Terus Menerus!

Baru-baru ini, viral tentang penggunaan dari lampu keyboard pada laptop. Ini membuat sebagian pengguna tertarik untuk mencobanya. Jika Anda ingin menerapkannya, cara keyboard laptop menyala ini mudah sekali dilakukan.

Menyalanya keyboard ini tidak lepas dari penyematan backlight. Komponen inilah yang menjadikan tombol keyboard tampak bercahaya.

Penyematan komponen ini dimaksudkan untuk membantu pemiliknya. Khususnya ketika menggunakannya di tempat yang minim cahaya.

Hanya saja, sebagian masyarakat tertarik untuk menggunakannya agar terlihat keren. Apa pun alasannya, cara keyboard laptop menyala ini mudah dilakukan. Nah, bagaimana Anda melakukannya?

Cara Menyalakan Keyboard Laptop

Secara umum, laptop keluaran terbaru sudah memiliki fitur backlight. Fitur ini menjadi penyempurna untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya.

Hanya saja, kebanyakan pemilik tidak menyadari keberadaan fitur tersebut. Kebanyakan hanya memanfaatkannya untuk fungsi utama dari laptop. Yakni mendukung aktivitas pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen, membuat desain grafis dan lain sebagainya.

Setelah muncul beberapa video mengenai keyboard yang dapat menyala, muncul keinginan untuk mencobanya. Dan ini tentunya tidak masalah. Toh, lampu keyboard yang hidup tersebut dapat mendukung pekerjaan di area yang minim cahaya.

Untuk melakukannya, kuncinya ada pada keyboard itu sendiri. Anda hanya perlu menemukan tombol yang memiliki ikon gambar lampu.

Posisi ikon ini berbeda pada setiap merek. Anda hanya perlu memeriksanya di keyboard bawaan laptop.

Jika sudah menemukannya, tinggal manfaatkan. Caranya ialah dengan memanfaatkan tombol FN+tombol dengan ikon lampu secara bersamaan. Hasilnya, lampu keyboard pun akan menyala.

Kami contohkan pada laptop keluaran Asus. Anda hanya perlu menekan Fn+F4 secara bersamaan untuk mengaktifkan backlight. Bahkan, bisa mengatur kecerahan sesuai yang diharapkan.

Sementara bila ingin menonaktifkannya, cukup dengan menekan Fn+F3 bersamaan. Kombinasi ini pun dapat menurunkan kecerahan. Begitu pula mematikan lampu yang dinyalakan sebelumnya.

Sedangkan untuk merek lain seperti Lenovo, HP, Acer dan lain sebagainya memiliki kemiripan. Yakni menggunakan tombol Fn yang dikombinasikan dengan tombol berisi ikon lampu.

Untuk lebih detailnya tentang cara keyboard laptop menyala di tiap merek laptop, Anda bisa menengoknya di NeoTekno. Di sini, banyak sekali tutorial seputar penggunaan perangkat elektronik seperti PC atau Laptop.

Hal yang Perlu Disadari sebelum Menyalakan Lampu Keyboard

Perlu diingat bahwa tidak semua jenis laptop dapat menyala keyboardnya. Praktis, Anda tidak bisa melakukannya dengan menekan tombol kombinasi di keyboard.

Untuk memastikan keberadaan dari fitur backlight, Anda hanya perlu melihat spesifikasi dari laptop. Atau, Anda tinggal memeriksa apakah ada ikon lampu di keyboard.

Jika ada, Anda bisa menghidupkannya dengan memanfaatkan tombol kombinasi yang sesuai. Tinggal tekan dengan memanfaatkan tambahan tombol FN.

Namun untuk beberapa jenis laptop, pengguna cukup menekan ikon tunggal. Artinya, tidak perlu menambahkan FN untuk menyalakan dan mematikan lampu pada keyboard.

Sementara itu, penggunaan lampu ini harusnya digunakan secara bijak. Gunakan jika berada di area yang gelap.

Alasannya, hal itu jauh lebih fungsional. Bukan sekedar gaya-gayaan. Karena kenyataannya, penggunaan lampu ini pun dapat mengonsumsi baterai.

Tidak mengherankan jika baterai Anda akan cepat habis ketika sering menyalakan lampu. Apalagi tidak pernah mematikannya sama sekali.

Kemudian, hindari untuk menyalakan laptop dengan posisi sedang proses pengisian daya. Ini hanya akan memberatkan. Begitu sebaliknya dengan melepas baterai. Karena ini bisa membuat listrik mengalir tanpa kendali sehingga bisa menimbulkan kerusakan pada komponen.

Akhirnya, bila memang dibutuhkan, Anda dapat memaksimalkan cara keyboard laptop menyala yang dibagikan di atas. Tetapi bila tidak terlalu penting, cukup matikan saja agar baterai lebih awet.