Begini Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

Sesuai dengan namanya, fingerprint adalah alat yang fungsinya dapat mendeteksi sidik jari seseorang. Fingerprint biasanya digunakan sebagai alat untuk absensi di kantor, sekolah dan instansi lainnya. Dengan begitu, akan diketahui siapa saja yang datang terlambat atau tidak masuk kerja hari itu. Namun, fingerprint juga banyak digunakan untuk keamanan, misalnya diletakkan di pintu rumah.

Penggunaannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan ujung jari ke layar pendeteksi dan fingerprint akan membaca data Anda. Fingerprint untuk absensi dapat menyimpan banyak sidik jari dan datanya bisa dipindahkan ke komputer. Nah, bagaimana cara memindahkan data fingerprint ke komputer? Baca informasi lengkapnya di bawah ini.

Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer

Saat akhir bulan, karyawan kantor akan membutuhkan laporan absensi pegawai. Jika menggunakan fingerprint, maka datanya harus di ekstrak dulu atau dipindahkan ke komputer. Berikut ini cara untuk memindahkan data fingerprint ke komputer.

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memindahkan data fingerprint yaitu menggunakan flash disk.  Umumnya, alat fingerprint sudah dilengkapi dengan slot USB sehingga bisa memasukkan flash disk. Cara ini termasuk yang paling mudah dilakukan dan untuk kapasitas flash disk yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Anda bisa menggunakan flash disk 2GB, lalu ikuti langkah- langkah berikut ini.

  • Masukkan flash disk ke USB fingerprint, saat berhasil terhubung akan muncul icon flash disk di layarnya
  • Tekan tombol menu dan cari icon flash disk tersebut, kemudian klik menu HisLog yang berisikan data absensi
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi tanggal, bulan dan tahun, isilah sesuai dengan kebutuhan, lalu klik download dan tunggu sampai selesai

Setelah selesai, cabut flash disk dari fingerprint dan masukkan ke komputer atau laptop. Data absensi akan tersimpan dalam bentuk excel pada folder Log. Isinya adalah daftar nama orang yang absen dan jam absen. Selain menggunakan flash disk, cara memindahkan data fingerprint ke komputer bisa juga menggunakan aplikasi File Attendance.

Manfaat Menggunakan Absensi Fingerprint

Di zaman sekarang semua memang serba instan dan penggunaan teknologi kian merambah ke segala bidang. Bahkan, cara absensi saja sudah bisa dilakukan secara otomatis menggunakan alat fingerprint.

Fingerprint atau sidik jari adalah pola yang ada di jari manusia yang tidak mungkin sama dengan orang lain. Itulah mengapa sidik jari banyak digunakan sebagai identitas seseorang untuk berbagai macam keperluan. Nah, berikut ini beberapa manfaat menggunakan absensi fingerprint.

  • Mendapatkan catatan waktu absensi dengan akurat, biasanya digunakan untuk absen datang, absen istirahat dan absen pulang
  • Fungsinya sangat praktis, efisiensi waktu, tenaga dan lebih hemat kertas karena tidak perlu absen manual
  • Mencegah kebiasaan buruk titip absen pada teman sekolah/kerja, hal ini karena alat fingerprint hanya bisa mendeteksi sesuai sidik jari masing-masing
  • Mempermudah perhitungan data terkait penggajian dan pemberian bonus pada karyawan di perusahaan tertentu
  • Menghindari human error atau kesalahan manusia dalam mencatat dan melaporkan absen, pakai fingerprint datanya lebih akurat
  • Dapat digunakan untuk mengontrol akses pintu ke ruangan tertentu, sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk karena sidik jarinya tidak terdaftar

Begitulah cara memindahkan data fingerprint ke komputer atau laptop dengan mudah menggunakan flash disk maupun aplikasi. Berbicara mengenai laptop/komputer, Anda bisa mencari berbagai macam informasi seputar komputer dan dunia gadget di tutorialservis.co.id. Website tersebut bisa menjadi acuan untuk mengatasi masalah atau error.