Lompat ke konten

Cara Memperbaiki Aki Kering Motor dan Mobil Dengan Mudah

  • oleh

Pemilik kendaraan mobil atau motor mungkin tak semuanya perhatikan kondisi aki. Jadi tidak heran ketika aki kering tak diketahui.

Kebanyakan juga mungkin tak tahu cara memperbaiki aki kering. Makanya dalam artikel ini akan dijelaskan caranya.

Teknik Jumper

Cara memperbaiki aki kering pertama, dapat dilakukan dengan pakai teknik jumper. Pada teknik  ini,  perbaikan aki gunakan sarana alat bantu kabel jumper.

Alat kabel jumper ini mudah didapatkan di toko perlengkapan kendaraan dan aksesoris.

Saat punya alat jumper sendiri, anda sebagai pemilik kendaraan juga akan gampang menggunakanya untuk perbaiki aki kering soak.

Untuk diketahui, penggunaan alat jumper perlu kehati hatian dan fokus tinggi agar tidak terjadi konslet. Pengguna juga perlu mengetahui cara kerja alat jumper tersebut.

Charger Transformer

Cara memperbaiki aki kering soak berikutnya, bisa dengan memakai  sebuah alat lainnya. Alat ini disebut charger transformer.

Bentuk alat perbaikan aki  ini mirip seperti mesin trafo yang punya daya listrik guna mengisi aki dengan otomatis.

Cara kerja Charger transformer mirip cara kerja adaptor smartphone. Alat ini dapat dengan mudah didapatkan di berbagai toko elektronik. Juga dapat digunakan untuk usaha jasa isi ulang aki.

Selain dengan dua cara di atas, cara perbaiki aki kering lainya adalah membawanya ke servis center. Hal ini lebih praktis lebih cepat dan aman.