Lompat ke konten

Cara Menghilangkan Nafsu Makan Dengan Alami dan Menyehatkan

  • oleh

Nafsu makan merupakan keinginan seseorang untuk mengonsumsi sesuatu, baik itu makanan maupun cemilan. Namun nafsu makan ini berbeda dengan rasa lapar yang merupakan respon alami saat tubuh membutuhkan nutrisi. Nafsu makan ini bisa timbul meskipun tubuh tidak merasa lapar. Maka dari itu banyak risiko yang mengintai ketika seseorang memiliki nafsu makan yang tinggi.

Sebab, nafsu makan yang tinggi atau tidak terkontrol ini dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Nah, obesitas inilah yang bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Maka dari itu apabila Anda memiliki nafsu makan yang tinggi, Anda diwajibkan melakukan beberapa cara menghilangkan nafsu makan dengan alami.

Cara menghilangkan nafsu makan secara alami bisa dimulai dengan mengubah pola makan serta menjaga kebugaran tubuh setiap harinya. Misalnya menambah porsi protein dan berserat tinggi dalam menu makanan Anda. Selain itu juga minum air sebelum makan. Minum segelas besar air putih sebelum makan dapat memicu rasa kenyang dan tidak akan merasa lapar lagi setelah makan.

Selain itu, Anda juga diwajibkan untuk melakukan olahraga sebelum makan. Olahraga dianggap dapat mengurang aktivasi daerah otak yang terkait dengan keinginan makan yang mana dapat mengakibatkan motivasi makan lebih rendah. Tidak hanya itu saja, dengan berolahraga juga dapat mengurangi kadar hormone kelaparan serta meningkatkan perasaan kenyang.