Permanen Atau Sementara? Simak Cara Menonaktifkan Facebook Berikut

Pernahkah Anda mendengar istilah detoks? Istilah ini tidak hanya berarti menghilangkan racun di dalam tubuh. Namun detoks juga digunakan sebagai istilah mengurangi suatu aktivitas tertentu, seperti contohnya Facebook. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, ada dua cara menonaktifkan Facebook yang bisa dicoba. Berikut ulasannya.

Nonaktif Facebook Permanen

Seperti namanya, opsi yang satu ini akan menghentikan Anda dari aktivitas bermedia sosial Facebook untuk selamanya. Yang perlu digaris bawahi adalah saat akun Facebook dinyatakan non aktif secara permanen (dihapus), maka Anda tidak akan mampu mengembalikannya lagi. Seluruh rekam jejak, konten yang dimiliki, serta kemampuan untuk login akan hilang.

Jadi pertimbangkan dengan baik sebelum Anda mengeksekusi cara yang satu ini. Bahkan, Anda pun tidak akan bisa menggunakan akun yang permanen mati untuk aplikasi terkait lainnya. seperti contohnya Pinterest, Spotify, atau lain sebagainya. Jika Anda sudah yakin dengan segala konsekuensinya, maka Anda bisa ikuti cara berikut ini.

  1. Masuk Ke Menu Pengaturan

Baik melalui HP atau peramban, hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan. Menu ini bisa ditemukan dengan mengetuk simbol opsi atau tiga garis horizontal di halaman utama. Icon tersebut umumnya terletak di sebelah kanan atau kiri atas. Nantinya akan muncul menu tambahan lainnya.

Di menu tersebut, gulir dan cari bagian di bawah nama Informasi Facebook Anda. Di dalam bagian ini, Anda akan menemukan opsi setting dengan nama kepemilikan dan kontrol akun. Klik opsi tersebut, dan Anda pun akan diarahkan ke halaman baru berisi opsi pengaturan akun yang jauh lebih terperinci.

  1. Pilih Opsi Hapus Akun

Di dalam menu tersebut, pilih opsi bertuliskan penonaktifan dan penghapusan. Karena bertujuan untuk nonaktif permanen, maka pilih hapus akun. Lanjutkan proses dengan mengikuti tahapan yang diberikan Facebook. Nilai plus dari opsi ini adalah, Anda masih memiliki kesempatan untuk membatalkan penghapusan dalam kurun waktu 30 hari.

Nonaktif Facebook Sementara

Jika Anda ingin melakukan detoks dari sosial media untuk kurun waktu sementara, maka tidak perlu menghapus akun. Facebook juga menyediakan opsi nonaktif sementara, yang mana memberi kesempatan untuk melanjutkan kiprah di kemudian hari. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan penghapusan akun. Berikut detailnya.

  1. masuk ke kepemilikan dan kontrol akun

Pilih icon menu atau opsi lalu masuk ke dalam opsi pengaturan. Icon menu tersebut umumnya memiliki bentuk tiga garis horizontal atau tanda panah. Setelah masuk di dalam pengaturan, gulir halaman dan opsi yang tersedia. Temukan dan pilih opsi kepemilikan dan kontrol akun yang ada di sesi Informasi Facebook Anda.

  1. pilih nonaktifkan akun

Di dalam halaman pengaturan tersebut, cari sebuah opsi dengan tulisan penonaktifan dan penghapusan. Dari menu yang muncul, pilih nonaktifkan akun lalu lanjutkan proses yang diberikan. Ikuti juga petunjuk konfirmasi aktivitas dengan memasukkan kata sandi akun yang ingin dinonaktifkan.

Setelah seluruh proses cara menonaktifkan Facebook berakhir, maka akun akan mati secara langsung. Dengan kondisi non aktif, maka posisi akun tidak akan bisa dilihat atau dicek oleh teman atau orang lain. Meski demikian, nama akun Anda masih terdaftar di dalam sistem FB. Beberapa pesan, rekam jejak, atau informasi lama pun masih dapat terlihat.

Meski Facebook memberi banyak manfaat dalam komunikasi, namun terlalu larut di dalam dunia maya hanya akan mendekatkan Anda di sisi negatif. Di sinilah fungsi non-aktif dapat menjadi solusi detoks yang baik. Anda dapat berhenti sementara untuk fokus di dunia nyata atau berhenti selamanya. Selain itu, masih ada banyak cara lain yang bisa dicoba dan simak di kangsandi.id.