Cara Menulis Berita Yang Baik Sesuai Aturan

Melalui berita, orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi. Informasi tersebut mulai dari yang baru hingga perkembangannya. Kita juga bisa dengan mudah mendapatkan berita melalui media cetak, elektronik maupun internet.

Namun tak semua peristiwa bisa dijadikan berita. Ada kaidah-kaidah dalam kepenulisan berita yang harus kamu perhatikan.

Cara Menulis Berita dengan Baik dan Sesuai Aturan

Dibawah ini adalah cara-cara yang digunakan untuk menulis berita yang baik, menarik sekaligus juga sesuai dengan aturan.

1. Menemukan peristiwa maupun kejadian agar dijadikan berita

Isi dari berita ini biasanya suatu peristiwa maupun kejadian yang aktual. Peristiwa ini juga penting untuk disebarluaskan. Seperti dalam peristiwa kebakaran, bencana alam dan kejadian lainnya yang banyak menyita perhatian banyak orang.

Apabila tidak terdapat peristiwa atau kejadian tersebut maka kamu bisa mencari kegiatan yang unik yang ada di masyarakat.

2. Pencarian sumber berita

Saat kamu sudah menemukan peristiwa ataupun kejadia untuk dijadikan sebagai sebuah berita. Maka langkah berikutnya yaitu dengan mencari sumber informasinya.

Tujuannya agar berita yang kamu tuliskan bisa akurat. Kamu juga bisa melakukan wawancara langsung. Wawancara tersebut bisa ke pihak kepolisian, saksi mata ataupun warga setempat.

3. Wawancara, observasi serta dokumentasi

Kamu juga perlu melakukan wawancara sehingga bisa mendapatkan fakta yang terkait dengan peristiwa ataupun kejadian. Wawancara tersebut bisa juga dilakukan dengan cara tanya jawab ke sumber informasi.

Kemudian kamu juga melakukan obseravasi, caranya yaitu dengan mengamati gejala yang tampak pada lokasi kejadian. Lalu untuk dokumentasinya maka kamu bisa mencari serta mengumpulkan data. Sumbernya bisa dari buku, dokumen maupun yang lainnya.

4. Mencatat hal-hal penting

Untuk menyampaikan berita ini kamu juga perlu menyampaikan hal-hal yang penting. Disini kamu bisa dipandu dengan pertanyaan 5W1H, what, who, where, when, why dan how.

5. Membuat Kerangka Berita

Kerangka berita ini berisi gambaran kasar tentang suatu informasi yang akan dijadikan sebagai sebuah laporan berita. Di dalam suatu berita ini menyangkut tiga stuktur diantarnaya yaitu judul, teras dan kelengkapan ataupun penjelasan suatu berita.

6. Penyuntingan Berita

Agar terhindar dari kesalahan dalam penulisan informasi berita maka dilakukan penyuntingan berita. Dalam penulisan berita yang nantinya akan dipublikasikan juga harus selalu memperhatikan kode etik jurnalistik.

7. Tidak Mengandung Fitnah, Hasutan dan Kebohongan

Kemudian konten berita yang akan kamu publikasikan tersebut hendaknya tidak membuat kebohongan dan harus memberikan manfaat dan perlindungan terhadap publik.

Hindari penulisan berita yang didalamnya juga mengandung fitnah, hasutan ataupun informasi hoax. Dan perhatikan selalu konten berita agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

8. Berita Tidak Menonjolkan Unsur Kekerasan, Seksualitas, Perjudian, Penyalahgunaan Narkotika serta Obat Terlarang

Dalam menulis berita ini juga harus mempertimbangkan munculnya kemungkinan ketidaknyamanan publik, harus selalu memperhatikan privasi dan terdapat penggolongan siaran bagi kepentingan anak.

Sehingga dalam penyampaian berita tersebut juga dilakukan pembatasan terhadap unsur yang mengandung seksualitas, kekerasan serta narkotika atau sejenisnya.

9. Tidak Mempertentangkan Suku, Agama , Ras serta Golongan

Saat akan menuliskan berita juga harus selalu menghormati adanya perbedaan suku,agama, rasa serta golongan. Sehingga berita juga dilarang mengandung konten yang isinya merendahkan, melecehkan suku, agama , ras ataupun golongan tertentu.

10. Tidak Merendahkan Nilai yang Ada Dalam Masyarakat

Berita yang ditulis harus menunjukkan sifat yang isinya menghormati terhadap nilai serta norma, kesopanan ataupun kesusilaan yang ada di masyarakat. Sehingga penulis berita juga harus memiliki sikap menghormati terhadap perbedaan nilai yang ada.

Setelah membaca artikel di atas tentang cara menulis berita, untuk kamu yang suka menulis makalah jangan lewatkan pembahasan tentang contoh daftar isi.