Cara Menurunkan Demam Pada Bayi Secara Aman dan Efektif

Begitu bayak kebutuhan bayi yang harus terpenuhi, hal ini untuk mendukung tumbuh dan kembangnya di masa depan. Pastinya semua orang tua akan memberikan segala perlindungan dan perawatan penuh kepada bayinya. Termasuk ketika bayi mengalami demam. Cara menurunkan demam pada bayi secara aman dan efektif pun begitu diperlukan agar bayi tidak lagi nanagis dan cerewet.

Cara Menurunkan Demam Pada Si Kecil

Begitu banyak cara yang bisa anda lakukan. Hal yang pertama adalah pastikan terlebih dahulu suhu pada tubuh bayi. Setelah mengetahui suhu bayi, anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter. Jika hal tersebut terlalu terburu-buru, anda bisa memberi bayi dengan paracetamol atau ibuprofen. Namun hati-hati jika bayi mengalami muntah dan kejang. Segera hubungi dokter atau bawa ke klinik dan bisa rumah sakit terdekat.

Cara menurunkan demam pada bayi pun bisa dilakukan dengan cara memberikan pakaian tipis yang membuat nyaman si bayi. Anda dapat menambahkan selimut maupun penghangat lainnya. Kemudian anda bisa memberikan kompres kepada dahi, leher, maupun ketiak bayi. Tak hanya itu, pengaturan suhu kamar pun harus disesuiakan, jangan memakai suhu dingin ketika bayi mengalami demam. Langkah yang terakhir dalam memberi penanganan bayi saat demam adalah mamandikan bayi dengan air hangat. Kemudian memberikan minuman atau ASI dengan ukuran cukup serta menyesuaikan kebutuhan bayi.