Cara Menyusui Bayi Dengan Dot dan Memahami Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Menyusui dengan dot bukanlah sesuatu yang sulit. Setiap orang bisa melakukannya. Cukup masukkan dot pada mulut bayi dan bayi bisa meminum susu dengan lancar tanpa harus ada bantuan dalam bentuk apapun. Cara menyusui seperti ini sebenarnya merupakan sebuah ide yang sangat praktis. Kebanyakan ibu bahkan memilih untuk tidak menyusui karena fasilitas untuk meminumkan susu formula atau ASI dengan menggunakan botol susu sudah tersedia. Proses persiapan menyusui dan proses pelekatan menjadi tidak perlu lagi dipelajari. Proses ini memang rumit dan selain itu kebanyakan ibu pada masa sekarang memang tidak ingin menyusui karena berbagai macam alasan.

Mengisi Botol Susu dengan Formula yang Tepat

Walaupun demikian hal ini bukan berarti dot bisa digunakan dengan bebas tanpa memperhatikan hal apapun. Beberapa hal tetap harus diperhatikan untuk memastikan keamanan bayi pada saat menggunakan dot dan memastikan botol susu menang bisa menjadi pengganti nutrisi yang memadai untuk bayi. Selain itu dot juga sering disalahgunakan dengan beberapa cara sehingga bayi mengalami beberapa macam masalah yang terjadi karena kelalaian orang tua. Kondisi lain juga bisa terjadi karena susu formula yang tidak sesuai dengan kebutuhan bayi atau bahkan tidak cocok untuk pencernaan bayi sehingga susu tidak bisa dicerna dengan sempurna atau membuat bayi mengalami sakit perut baik akibat kerusakan sementara yang bisa disembuhkan atau pada beberapa kasus kerusakan bisa permanen.

 

Bayi berada dalam kondisi krusial sejak dari lahir dimana nutrisi yang diberikan pada saat lahir dan tumbuh kembang selama 2 bulan bisa menentukan seberapa banyak pertumbuhan maksimal yang bisa dicapai bayi kelak pada saat mereka sudah dewasa. Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup agar tidak mengalami stunting. Tapi hal ini bisa dihindari dengan mudah karena pada saat ini sudah tersedia beragam jenis susu formula dengan beragam rentang harga yang terjangkau hingga yang sangat mahal untuk bayi dari sejak baru lahir hingga dewasa. Susu memiliki banyak merek dan variasi dan untuk mendapatkan nutrisi terbaik orang tua bisa menggunakan situs https://drbrowns.id/ harus memberikan susu yang cocok dengan bayi.

Perawatan Botol Susu untuk Menjamin Kebersihan

Selanjutnya untuk memastikan kebersihan susu harus diseduh dengan air panas mendidih, kemudian dimasukkan ke dalam botol dan dot yang sudah direbus di dalam air mendidih. Perlu diperhatikan bahwa semua bagian dari botol susu harus dipisahkan sebelum direbus untuk mendapatkan kebersihan maksimal. Beberapa bahan susu mengakibatkan penumpukan sisa susu dan beberapa macam dot memungkinkan pertumbuhan jamur. Botol susu tidak perlu dicuci dengan sabun. Pencucian cukup dilakukan dengan merebusnya dengan air panas kemudian mengusap bagian yang terlihat kotor dan membilasnya dengan air panas. Jika memungkinkan semua proses ini dilakukan dengan air mendidih. Setelah itu susu bisa dimasukkan ke dalam botol dan diberikan pada bayi.

 

Kecocokan susu dengan bayi juga perlu diperhatikan. Sejumlah bayi tidak cocok dengan kandungan tertentu pada susu dan mengakibatkan pencernaannya bermasalah. Hal ini tetap bisa terjadi walaupun susu yang digunakan sudah sesuai dengan rentang usia yang tertera pada kemasan. Oleh karena itu setia pada mereka tertentu dan mempersiapkan pengobatan untuk bayi jika memutuskan untuk berpindah pada merek lain juga perlu dipersiapkan. Segera ganti susu dengan merek lain ketika bayi buang air besar dengan frekuensi yang tidak normal. Memilih dot yang tepat dan bermutu juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat bayi menjadi lebih nyaman.