11 Cara Merawat Ikan Koi Yang Awet dan Tidak Gampang Mati

Ikan Koi memiliki berbagai macam jenis namun untuk cara perawatannya tidak jauh berbeda. Dan jika kamu sudah memutuskan untuk memelihara ikan koi, pastikan kamu juga tahu cara perawatan ikan tersebut.

Oleh karena itu kami juga memberikan ulasan mengenai cara merawat ikan koi yang benar yang dilansir dari Faunanesia.

1. Pemilihan kolam yang tepat

Untuk merawat ikan koi yang benar, langkah awalnya bisa dimulai dari memiliki kolamĀ  yang tepat. Ini diperlukan agar ikan koi bisa hidup dengan nyaman dan tidak stres.

Ikan koi ini berbeda dengan ikan hias kebanyakan. Karena ikan koi bisa tumbuh makin besar. Jadi jika hidup di akuarium saja tidaklah cukup. Perlu menyediakan kolam agar tumbuh kembangnya bisa maksimal.

2. Gunakan air bersih untuk mengisi kolam

Apabila kolam sudah disiapkan maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengisinya menggunakan air bersih. Sebelum ikan dimasukkan ke kolam, sebaiknya diamkan dulu air tersebut selama 2 hingga tiga hari.

Jika sudah maka ganti terlebih dahulu airnya dengan menggunakan air yang baru agar ikan terhindar dari senyawa kimia yang bisa saja masih menempel di kolam.

3. Belilah Bibit Ikan Koi yang Sehat

Jangan tergoda dengan ikan koi yang dijual dengan harga murah. Pilih ikan koi yang sehat karena ini juga berpengaruh pada tumbuh ikan kedepannya.

Dengan memiliki ikan koi yang sehat maka akan membutuhkan waktu sebentar saat menyesuaikan dengan kolam yang baru.

4. Karantina ikan sebelum menaruhnya di kolam

Jika bibit sudah dibeli maka lakukan karantina ikan sebelum dimasukkan kedalam kolam. Karantina dilakukan dengan meletakkan ikan ke dalam ember. Dan dalam satu ember tersebut sebaiknya jumlah ikan dibatasi agar terhindar dari stres.

5. Lengkapi Kolam dengan Tanaman Air

Berikan kolam ikan koi beberapa tanaman air sehingga mirip dengan habitat aslinya. Dengan tanaman air tersebut juga akan membantu memberikan sumber nutrisi untuk tumbuh kembang ikan koi.

6. Pasang Filter Air

Memasang filter air ini sangat penting dalam merawat ikan koi. Dengan adanya filter ini maka kualitas air di kolam juga akan terjaga.

Ikan koi juga tak menyukai air kotor dan keruh. Ini berbeda dengan ikan lele. Sehingga dengan memasang filter air maka bisa membantu menjaga kebersihan air didalam kolam.

7. Berikan makanan pelet yang berkualitas

Memberi makanan yang berkualitas pada ikan koi juga penting agar ikan bisa tumbuh optimal. Terutama yang mengandung protein tinggi agar kebutuhan asupannya bisa terpenuhi.

8. Hindari memberikan makan terlalu sering

Ikan koi ini memiliki saluran pencernaan yang pendek. Jadi ikan koi juga tak bisa mencerna makanan dalam jumlah banyak dan cepat. Selain itu apabila jumlah makanan berlebihan maka bisa menjadi penyebab meningkatnya amonia di kolam.

Aturlah pemberian makanannya. Misal setiap dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.

9. Berikan Nutrisi tambahan

Agar ikan koi bisa tumbuh optimal dan bisa bertahan hidup lebih lama maka berikan nutrisi tambahan setiap dua minggu sekali. Misalnya memberikan kacang polong, wortel atau bisa juga selada.

10. Pantau Temperatur kolam dengan teratur

Cara merawat ikan koi lainnya yaitu dengan menjaga temperatur kolam. Temperatur ini juga penting dan sangat berpengaruh pada perkembangan ikan koi. Temperatur yang baik sekitar 24 hingga 26 derajat celsius jadi pastikan air juga tetap segar.

11. Pemeliharaan kolam dan filter air

Bersihkan kolam dan filter air dengan teratur. Saat pertama kali kamu memutuskan untuk memelihara ikan koi maka kamu juga harus berkomitmen untuk selalu menjaga kebersihannya.