Lompat ke konten

Muslimah Wajib Tahu! Berikut Cara Merawat Mukena yang Benar Agar Tidak Jamuran

  • oleh

Minimal lima kali dalam sehari, mukena digunakan sebagai perlengkapan sholat bagi para muslimah. Sehingga kebersihan mukena tentu menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk menunjang kenyamanan. Apalagi mukena menjadi pakaian yang digunakan untuk menghadap Allah SWT. Oleh sebab itu, cara merawat mukena yang benar berikut ini patut diterapkan.

Merawat Mukena dengan Benar

  1. Ganti Mukena Secara Berkala

Karena digunakan setiap hari dan minimal lima kali dalam sehari, pastikan anda mengganti mukena secara berkala. Tujuannya adalah supaya anda tetap bersih selama melakukan ibadah. Dalam hal ini, disarankan untuk mengganti mukena seminggu sekali. Karena dalam jangka waktu tersebut anda sudah menggunakannya sebanyak 35 kali, yang berarti sudah cukup banyak kuman dan jamur yang terkumpul.

  1. Jangan Gunakan dalam Keadaan Rambut Basah

Bagian kepala dalam mukena adalah salah satu bagian yang paling mudah berjamur dan berkumpulnya kuman. Hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi rambut yang belum kering setelah keramas. Jadi untuk meminimalisir hal ini, usahakan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan mukena.

  1. Jangan Dilipat

Setelah selesai digunakan untuk beribadah, jangan langsung lipat mukena ataupun menggulungnya. Namun alangkah lebih baik jika anda menyimpannya dengan cara digantung menggunakan hanger. Mengingat bahwa ada kemungkinan mukena menjadi lembap karena air wudhu, sehingga digantung akan membantu mengeringkan mukena.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para muslimah dalam merawat mukena yang dimiliki. Dengan begitu anda akan selalu berada dalam kondisi bersih saat menghadap Yang Maha Kuasa. Dan mukena pun bisa lebih awet serta dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.