Cara Selamatan Pindah Rumah Ala Adat Jawa

Jika Anda adalah orang Jawa dan hendak melakukan pindah rumah, maka jangan lupa pula untuk mempersiapkan selamatan pindah rumah adat Jawa. Selamatan ini harus dilakukan karena menurut adat Jawa jika Anda sudah pindah ke rumah baru namun tidak melakukan acara selamatan, maka akan terjadi hal yang tidak diinginkan kepada sang pemilik rumah.

Mungkin Anda percaya tidak percaya kepada hal seperti ini, namun jika Anda adalah orang Jawa, maka inilah salah satu cara untuk menghargai adat istiadat Anda. Dengan diadakan selamatan, mudah-mudahan rumah baru yang Anda tempati akan menjadi berkah dan tidak ada hal buruk yang menimpa Anda maupun anggota lain yang menempati rumah baru tersebut.

Saat melakukan selamatan pindah rumah, biasanya acara ini akan dipandu oleh tetua yang ada di lingkungan rumah baru Anda. Lalu rumah Anda akan dibacakan doa sehingga rumah terhindar dari sesuatu yang buruk serta menjadi rumah yang bermanfaat dan penuh berkah. Di bawah ini merupakn beberapa syarat yang harus Anda lakukan saat melakukan selamatan pindah rumah.

Syarat Selamatan Pindah Rumah Adat Jawa

  1. Pastikan semuanya sudah disiapkan

Saat pindah rumah, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Banyak sekali alat-alat yang harus ada saat pindah rumah seperti perabotan rumah tangga, peralatan dapur, listrik, air, gas, dan masih banyak lagi. Saat semua ini sudah siap, maka rumah sudah bisa digunakan sehingga Anda bisa beraktivitas seperti biasanya lagi.

Saat Anda pindah rumah, Anda akan membutuhkan jasa cargo. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, terdapat jasa Cargo Jakarta yang siap membantu Anda dalam membawa barnag-barang dari rumah lama ke rumah baru Anda. Dengan jasa inilah maka Anda tidak perlu repot-repot untuk memindahkan barang Anda yang sangat banyak menuju rumah baru Anda.

  1. Menghitung hari weton

Bagi masyarakat Jawa tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya weton. Weton adalah hari perhitungan yang biasanya akan dijadikan patokan untuk suatu hal. Dalam hal ini adalah selamatan pindahan rumah. Memilih weton atau hari baik biasanya akan dihitung oleh tetua. Di hari itulah Anda akan melaksanakan selamatan atas pindahan rumah baru Anda.

  1. Menyiapkan alat-alat untuk selamatan

Meskipun perabotan rumah Anda sudah tersedia, begitu pula listrik dan air yang sudah mengalir, bukan berarti rumah Anda sudah langsung bisa dihuni. Anda harus menyiapkan beberapa peralatan untuk melakukan selamatan pindah rumah. Beberapa barang yang harus disiapkan ini tidak asal pilih, ada makna dibalik barang-barang tersebut.

Anda harus menyiapkan lampu minyak yang menyimbolkan penerangan bagi jasmani dan roh Anda. Tikar yang menyimbolkan bahwa semua hal itu perlu ada dasarnya. Sapu lidi juga harus disiapkan karena menyimbolkan penyakit dan kemalangan yang akan tersapu atau terhapus. Serta barang terakhir adalah bantal yang digunakan untuk tidur.

  1. Melaksanakan acara selamatan

Saat semuanya sudah siap, maka saatnya mengadakan acara selamatan. Anda bisa mengundag keluarga, sahabat, maupun tetangga baru Anda di sana. Sehingga orang-ornag tersebut akan ikut mendoakan rumah baru Anda supaya menjadi tempat yang dipenuhi dengan kenyamanan, kehangatan, dan keamanan bagi semua yang tinggal di sana.

Bagi Anda yang sedang pusing mengurusi pindahan rumah, kami menawarkan jasa Cargo Jakarta yang siap membantu Anda dalam memindahkan barang-barang di rumah Anda. Dengan bantuan professional, maka pindahan rumah Anda tidak akan terasa melelahkan sehingga nda bisa fokus mengurusi acara selamatan untuk pindahan Anda.