Contoh Investasi Dalam Islam Yang Sesuai Dengan Syariah

Untuk mendapatkan keuntungan dalam menjalankan sebuah investasi ada banyak cara dan alat yang bisa kita gunakan. Tetapi dalam berinvestasi kita bisa memilih apakah investasi yang dijalankan adalah investasi konvensional ataupun investasi syariah.

Bagi seorang muslim tentunya memilih investasi syariah adalah pilihan yang tepat, karena dengan berinvestasi pada produk-produk syariah kita telah melakukan investasi halal dan terhindar dari riba. Berikut ini ada beberapa contoh investasi dalam islam yang sesuai dengan syariah atau aturan ajaran agama Islam.

Contoh Investasi Dalam Islam Yang Sesuai Dengan Syariah

Jenis investasi sangatlah beragam dan saat ini dalam investasi syariah ada beberapa yang bisa kita pilih yaitu investasi surat berharga, saham, obligasi, emas, rekasa dana dan tanah. Setiap jenis investasi tersebut memiliki keuntungan dan resikonya masing-masing. Berikut ini adalah investasi dalam islam yang sesuai dengan syariah :

Investasi Properti

Contoh investasi dalam islam pertama adalah investasi tanah dan properti. Investasi ini termasuk dalam investasi syariah yang dapat menghasilkan keuntungan cukup besar dan proses menjual atau menyewakan properti. Agar investasi properti tidak mengandung unsur riba, sebainya lakukanlan jual beli menggunakan prinsip syariah.

Deposito Syariah

Dengan menggunakan sistem deposito bagi hasil kita bisa mendapatkan keuntungan. Untuk yang tertarik dengan investasi syariah ini, kamu bisa mendepositokan uang ke bank syariah. Perbedaan melakukan deposito di bank syariah dan bank konvensional terletak dalam akad perjanjiannya, akan yang digunakan pada deposito syariah adalah akad mudharabah. Akad ini melibatkan pengelola modal dan pemilik modal untuk menentukan bagi hasil yang sesuai dengan perjanjian.

Keuntungan yang didapatkan dari deposito syariah berasal dari sistem bagi hasil dari laba bersih yang dimiliki oleh pengelola dana. Uang yang di depositokan biasanya bisa diambil dalam waktu 5 tahun sampai 10 tahun sesuai kesepakatan.

Investasi Emas

Contoh investasi dalam islam yang halal selanjutnya adalah investasi emas. Kamu cukup membeli emas murni di toko emas dari Pagadaian atau emas Antam. Investasi emas adalah investasi yang paling aman dan halal untuk dilakukan oleh umat muslim. Selain itu dengan berinvestasi emas, harganya jual cenderung naik tetapi tidak kenaikan tidak sesignifikan investasi tanah dan properti.

Reksa dana Syariah

Lanjut dengan contoh investasi dalam islam yang sesuai syariah selanjutnya adalah reksa dana syariah. Reksa dana syariah adalah salah satu investasi baru yang bisa kita pilih sebagai investasi yang halal. Karena saat ini reksa dana syariah telah hadir untuk umat muslim di Indonesia yang ingin berinvestasi di reksa dana tetapi dalam praktinya menggunakan prinspi syariah.

Manager Investasi yang mengelola dana nasabahnya akan mengakolasikan ke berbagai instrumen investasi yang tidak mengandung unsur riba di dalamnya dan unsur lain seperti gharhar dan masyir. Pengelolaan uang di reksa dana syariah juga sangat transaparan.

Semua lembaga keuangan syariah telah diawasi pengelolaan dan transaksinya oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Sehingga semua produk dan layanan yang diperjual belikan ke masyarakat harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Dewan Pengawas Syariah (DPS). Sehingga dengan adanya pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS), kita menjadi tidak ragu lagi dalam menginvestasikan uang kita ke dalam produk-produk syariah yang disebutkan di atas.

Itulah tadi beberapa contoh investasi dalam islam yang sesuai dengan syariah. Sehingga dengan adanya informasi ini semoga kamu bisa mempertangkan untuk menjalankan beberapa investasi halal di atas untuk menambahkan keuntungan atau pasif income yang halal.