Contoh Tawadhu Dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini pasti sudah banyak yang familiar dengan istilah tawadhu. Tawadhu merupakan salah satu akhlak baik yang harus dimiliki pada setiap umat muslim. Tawadhu atau rendah hati mengajarkan kita untuk memiliki akhlak yang mulia.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh saat mempraktikkan sikap tawadhu ini. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Tawadhu

Tawadhu artinya sebagai sikap serta perbuatan manusia yang mencerminkan mengenai kerendahan hati, tidak sombong dan tinggi hati serta memiliki sikap yang tidak gampang tersinggung.

Sikap tawadhu ini bagi umat muslim tertera dalam Al Quran suat Al Furqon ayat 63.

Di dalam Q.S AlFurqon 63 menyebutkan bahwa “ Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucaokan kata-kata (yang mengandung) keselamatan “.

Saat orang memiliki sikap tawadhu maka ia juga tidak akan merasa dirinya lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Ia juga sadar bahwa semua kenikmatan, rezeki,kebahagiaan serta semua hal yang terdapat di dunia ini terjadi dikarenakan atas izin yang Maha Kuasa.

Ciri-Ciri Orang yang Bersikap Tawadhu

Apabila orang memiliki sikap yang tawadhu maka akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Melakukannya hanya karena mencari keridhaan Allah

Jika orang memiliki sikap yang tawadhu maka sikap rendah hatinya bukan hanya karena sopan terhadap sema manusia. Walaupun mereka lebih tinggi akan tetapi memiliki sikap ini niatnya harus karena mencari ridha Allah SWT.

Memiliki sikap tawadhu yang tidak berlebihan

Walaupun tawadhu termasuk sikap yang baik namun juga harus bisa menempatkan diri. Apabila merendahkan diri dengan cara berlebihan maka bisa saja akan menyinggung orang lain atau bisa juga akan disepelekan orang lain.

Tidak suka kebaikannya dipublikasikan

Apabila orang bersikap tawadhu maka mereka tidak akan senang apabila kebaikan yang diberikan disebarkkan. Mereka lebih memilih untuk menyembunyikannya dengan alasan supaya tidak riya atau sombong.

Akan menerima nasihat yang baik dari siapa saja

Apabila orang lain akan menasihati dirinya maka orang yang tawadhu akan mudah menerimanya. Hal ini dikarenakan ia tidak memandang dirinya lebih tinggi dari orang lain. Jadi mudah saja dan bersedia menerima nasihat apapun baik dari kalangan yang lebih tinggi maupun rendah.

Mencintai fakir miskin

Memiliki siap tawadhu ini juga akan membuat orang lebih mencintai terhadap fakir miskin dan senang jika berkumpul dengan mereka. Tujuannya tentu saja bukan untuk menyombongkan diri, namun karena ia juga tahu bahwa mencintai orang miskin merupakan landasan kecintaan pada Allah.

Mendahulukan kepentingan orang lain

Sikap tawadhu juga akan membuat orang selain rendah hati juga tidak memiliki sikap yang egois. Hal ini dikarenakan ia akan bisa menempatkan diri apabila ada kepentingan sesama yang harus didahulukan.

Suka berterimakasih dan mudah memaafkan

Saat orang memiliki sikap yang tawadhu maka akan mudah saja untuk berterimakasih atas semua kebaikan yang diterimanya. Selain itu apabila ia merasa tersinggung maupun tersakiti akan mudah saja memberikan maaf.

Contoh Tawadhu Dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Bersikap rendah hati dan tidak sombong
  2. Tidak membeda-bedakan teman dan mudah bergaul
  3. Menjunjung tinggi kebenaran
  4. Tidak berlebihan mengumbar harta yang dimilikinya
  5. Bersikap sopan dan santun serta tidak berkata kasar pada siapapun

Karena pentingnya manfaat tawadhu inilah sehingga kita juga sudah sepantasnya bersikap tawadhu dalam kehidupan sehari-haru.