Apa Saja Gejala HIV pada Pria yang Harus Diwaspadai?

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan sebuah virus yang dapat menyebabkan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Penyakit AIDS menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga penderita AIDS akan lebih mudah sakit. Selain itu, hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total penyakit AIDS. HIV juga bisa menular dengan sangat cepat dan bisa mengenai siapa saja termasuk pria. Lantas, bagaimana gejala yang ditimbulkan oleh HIV ketika menginfeksi pria?

Salah satu gejala yang diakibatkan oleh HIV pada seorang pria adalah penurunan kadar hormon testosteron pada tubuh. Sehingga, seorang pria yang terkena HIV akan mengalami penurunan keinginan untuk seks. Selain itu, HIV juga menyebabkan seorang pria mengalami nyeri saat buang air kecil. Gejala lain yang diakibatkan oleh HIV dan muncul spesifik pada seorang pria adalah luka pada bagian penis. Sehingga, jika seorang pria mengalami beberapa gejala di atas, akan lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selain beberapa gejala spesifik di atas, HIV juga bisa menyebabkan timbulnya beberapa gejala yang lebih umum. Salah satunya adalah munculnya demam ringan yang disertai dengan ruam kulit. Selain itu, penderita HIV juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis yang disertai dengan mual, muntah, dan sakit kepala. Beberapa kasus penderita HIV juga mengalami sakit kepala dan sakit tenggorokan.