Ikuti Cara Tanam Bonsai Kelapa Dengan Baik

Terdapat banyak sekali jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai bonsai. Bonsai merupakan salah satu bentuk tanaman yang sangat mempesona. Salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai bonsai adalah kelapa. Anda bisa membuat bonsai kelapa ini sebagai hiasan di rumah. Berikut cara tanam bonsai kelapa yang bisa anda lakukan di rumah

Langkah Menanam Bonsai Kelapa

  1. Tentukan bibit dan jenis Kelapa

Ada banyak jenis kelapa yang bisa dijadikan bonsai. Misalnya kelapa gading merah, albino dna juga susu. Setelah menentukan jenis, anda bisa memilih benih yang baik untuk mendapatkan hasil yang Anda harapkan. Pilih benih bonsai yang sedikit lebih tua karena akan dapat menumbuhkan tunas baru yang lebih cepat.

Sebaiknya anda menggunakan bibit yang diambil langsung dari pohonnya karena khawatir benih yang jatuh akan tergores. Karena ukurannya yang unik, dibutuhkan biji yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil dengan akar yang besar dan kuat. Ukuran cangkang kecil dari biji akan mendorong pembentukan batang selanjutnya.

  1. Bentuk Tanaman

Anda bisa mulai membuat bonsai ketika bibit tumbuh 15 – 20 cm. Anda perlu memotong bagian bawah tunas dan jangan memotong tunas muda untuk mencegah pembusukan. Sayatan dilakukan minimal 3 kali sehari atau lebih untuk hasil yang maksimal. Selanjutnya, coba ikat kawat atau tali untuk mengetahui cara tanam bonsai kelapa agar akar indah dan menarik.

Dengan mengikuti langkah tersebut, anda akan mendapatkan hasil tanam yang bagus. Penggunaan kawat atau tali pada tanaman dilakukan untuk mengarahkan pertumbuhan cabang dari bonsai kelapa. Biasanya, ujung-ujung ranting dilekatkan pada pangkal batang, sementara ranting dipangkas untuk menghilangkan bagian ranting yang tidak diinginkan.