Bagaimana K3 Menurut WHO?

 

Tahukah kamu? Bahwa K3 merupakan kepanjangan Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja. Keamanan dan kesehatan kerja merupakan sebuah prosedur yang diterapkan pada suatu perusahaan, dalam sebuah kegiatan, atau aktivitas produksi, untuk menjamin keamanan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Maka  keamanan dan kesehatan para pekerja sangatlah diperhatikan jika prosedur K3 diterapkan atau dilaksanakan dengan baik.

Melalui hal ini, upaya untuk pengendalian semua bentuk potensi yang berbahaya dalam sebuah lingkungan tempat kerjanya bisa diminimalisir. Bila semua potensi bahaya bisa dikendalikan dengan baik dan memenuhi batas standar aman, maka dapat memberikan kontribusi terciptanya kondisi lingkungan kerja yang aman, sehat, dan proses produksi menjadi lancar. Pada akhirnya perusahaan akan dapat menekan risiko kerugian dan berdampak terhadap peningkatan produktivitas suatu perusahaan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian K3 menurut para ahli dan juga sumber terpercaya lainnya yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

Menurut John Ridley, kesehatan dan keselamatan kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu untuk para pekerjanya, perusahaan maupun untuk masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerjaan tersebut.

Menurut International Labour Organization (ILO) kesehatan keselamatan kerja atau Occupational Safety and Health merupakan meningkatkan dan memelihara derajat tertinggi semua tenaga kerja baik secara menta, fisik, dan kesejahteraan sosial di semua jenis pekerjaan, mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pekerjaan, dan melindungi pekerja pada setiap pekerjaan dari risiko yang timbul dari faktor yang dapat mengganggu kesehatan.

Menurut simanjutak, keselamatan kerja merupakan kondisi keselamatan yang bebas dari segala resiko kecelakaan dan kerusakan dimana kita bekerja. Hal ini juga mencakup tentang kondisi bangunan, kondisi mesin, peralatan keselamatan, dan kondisi tenaga kerja

Menurut Jackson, ia menjelaskan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja menunjukkan kepada kondisi-kondisi fisiologis-fisikal dan psikologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh lingkungan kerja yang disediakan oleh perusahaan.

Sedangkan K3 menurut WHO, yakni lembaga kesehatan dunia, Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja menurut WHO ialah sebuah upaya untuk memelihara dan juga meningkatkan kesehatan fisik tubuh tenaga kerja, serta meningkatkan kesehatan mental tenaga kerja dan juga meningkatkan kesehatan sosial pada setiap para tenaga kerja yang ada.

Hal-Hal Penting Mengenai Faktor Keselamatan Kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan faktor yang sangat penting dan bahkan harus menjadi prioritas dalam menjalankan suatu pekerjaan. Di lapangan sangat banyak terjadi kecelakaan. Sering kali kita juga melihat berita tentang kecelakaan ketika sedang bekerja baik yang berakibat ringan hingga berakibat fatal. Berikut ini terdapat beberapa tips hal-hal yang harus diperhatikan ketika bekerja supaya kecelakaan kerja tidak terjadi.

Pertama jangan menganggap remeh bahaya yang mengintai. Waspada dan peka terhadap sekitar. Itulah poin penting yang harus Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja. Keselamatan kerja akan mudah tercapai bila Anda dan para pekerja tidak menganggap remeh bahaya yang selalu mengintai dan siap menerkam sewaktu-waktu.

Selalu memeriksa alat-alat kerja. Kerap kali kecelakaan terjadi disebabkan alat yang tidak layak pakai. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya ketelitian atau persiapan ketika bekerja. Sebelum bekerja sebaiknya periksa semua keadaan alat yang akan digunakan. Apabila alat tersebut rusak, maka lebih baik jangan dipakai. Kemudian lengkapi diri anda dengan alat pelindung diri.