Makanan untuk Penderita Darah Tinggi yang Dianjurkan Dokter

Ketika sedang sakit memang biasanya ada pantangan khusus bagi seseorang agar tidak makan makanan tertentu. Sama halnya dengan penderita darah tinggi, ada sejumlah makanan yang harus dihindari hingga hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit. Kira-kira makanan apa saja yang pantang dikonsumsi oleh penderita darah tinggi?

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi

Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita darah tinggi juga wajib memakan makanan yang sesuai untuk tubuh. Jangan sampai karena salah makan justru penyakit darah tinggi akan kambuh. Berikut sejumlah makanan yang dianjurkan untuk penderita darah tinggi.

Yoghurt Rendah Lemak

Yoghurt adalah sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Makanan ini bisa digunakan sebagai menu sarapan atau camilan sehari-hari bagi penderita darah tinggi. Anda bisa mencampur yoghurt dengan buah beri, granola, atau almond.

Pisang

Pisang kaya akan kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, buah ini bisa menjadi pemanis bagi makanan yang dipanggang atau dibekukan.

Buah Beri

Blueberry, stroberi, dan lain sebagainya mengandung oksida nitrat dan gas yang dapat membantu menjaga aliran darah. Buah ini bisa menjadi campuran pada makanan oatmeal di pagi hari atau salad di siang hari.

Sayuran Berdaun Hijau

Kangkung, bayam, sawi, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Sayuran hijau tersebut mengandung potasium yang baik bagi tubuh. Sayuran tersebut dapat diaplikasi di berbagai makanan, seperti salad, sandwich, omelet, hingga smoothie.

Bit

Buah bit yang kaya akan oksida nitrat yang berguna untuk mengurangi tekanan darah tinggi baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Anda bisa mengolahnya dengan jus, namun jangan menambahkan gula atau pemanis apapun ke dalamnya.

Bawang Putih

Berdasarkan penelitian, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ketika bawang putih dipotong atau dicincang maka kandungan alicin akan dilepaskan.

Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan kalium dan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, kandungan serat pada ubi jalar sangat baik bagi kesehatan jantung.

Havermut

Havermut merupakan biji-bijian berserat tinggi, yang bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Sarapan dengan havermut, makan siang dengan roti gandum, juga makan malam dengan nasi merah bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung sekitar 15%.

Ikan Salmon

Ikan berlemak seperti salmon ternyata kaya akan omega-3 yang mampu mengurangi peradangan dan membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, ikan ini juga menjadi sumber vitamin D yang baik membantu tubuh menyerap kalsium dan melindungi dari depresi.

Brokoli

Sayuran tinggi akan kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin C ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Cara untuk Mencegah Darah Tinggi

Sebelum sakit hendaknya lebih baik melakukan pencegahan sedini mungkin. Apakah bisa melakukan pencegahan terhadap tekanan darah tinggi? Tentu bisa saja, berikut cara untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

  1. Mengonsumsi berbagai makanan sehat dan memperhatikan asupannya ke dalam tubuh.
  2. Membatasi asupan garam ke dalam tubuh.
  3. Mengurangi minum minuman yang mengandung kafein tinggi.
  4. Menghentikan kebiasaan merokok sehari-hari
  5. Sering melakukan olahraga secara teratur.
  6. Menjaga berat badan tetap stabil.
  7. Mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  8. Mengurangi minuman yang mengandung soda.

 

Sekarang, Anda sudah tahu tentang cara mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit ini. Anda juga bisa mencari informasi terkait penyakit ini melalui gizigo.id. Di sini, Anda bisa menemukan informasi lengkap terkait penyakit yang Anda derita saat ini.