Menilik Asal Usul Kota Jakarta Dari Kacamata Nusantara

Jakarta, ibu kota Indonesia yang memiliki segudang distrik bisnis serta beragam gedung pencakar langit. Kota indah ini banyak dijadikan sebagai tujuan bisnis dan pencong untuk mengadu nasib dengan gaji yang lebih tinggi. Namun apakah anda tahu mengenai asal usul Kota Jakarta?. Bila belum tahu, anda bisa simak informasi singkat berikut.

Asal Mula Nama Jakarta

Kota yang indah ini mulanya diberi nama Jayakarta yang merupakan berasal dari bahasa serta nama Sansekerta. Nana tersebut diciptakan oleh orang Cirebon dan DemakĀ  yang berada di bawah pimpinan Raden Fatahillah atau disebut juga dengan Falatehan. Pemberian nama di berikan pada saat keberhasilan kerajaan di atas dalam menaklukkan pelabuhan Sunda Kelapa dari Portugis.

Silsilah Kota Jakarta

  1. Batavia

Setelah mendapatkan Jayakarta, maka setiap tanggal 22 Juni diperingati sebagai hari jadi Kota indah ini. Namun tak lama setelah itu, Kota Jakarta di mulai pada saat VOC menduduki wilayah ini berganti nama menjadi Batavia dan dijadikan sebagai wilayah kekuasaan dan pusat distrik oleh penjajah Belanda. Peristiwa itulah yang menjadi tonggak asal usul Kota Jakarta

  1. Pembuatan Blok-blok

Karena dijadikan sebagai pusat pemerintahan penjajah, maka Belanda ingin menjadikan Batavia menyerupai Belanda yang terdiri dari blok-blok. Upaya semacam ini yang pada akhirnya Batavia berubah menjadi Jakarta dan beralih status menjadi Kota Praja dengan kepemimpinan Gubernur.

Dari informasi yang telah diberikan, bisa diambil garis besarnya bahwa Kota Jakarta memiliki kisah yang cukup menarik. Dimulai dari kerajaan, batavia, sampai pembuatan blok-blok. Karena itulah, tak bisa dipungkiri jika influence dari sejarah masih tampak dari deretan bangunan serta budayanya