Penyebab Speedometer Mobil Mati

Speedometer merupakan suatu alat yang fungsinya adalah untuk mengukur kecepatan laju mobil dengan jarum penunjuk yang ada di dalamnya. Oleh karena itulah speedometer merupakan alat yang penting karena memungkinkan pengendara untuk mengontrol kecepatan mobil yang diinginkan.

Apabila speedometer mati, berkendara pun menjadi kurang aman karena pengendara mobil tidak lagi mampu untuk mengontrol kecepatan dengan melihat indikator kecepatan tersebut. Berikut beberapa hal penyebab speedometer mobil mati yang harus segera diatasi:

  1. Panel Eror

Speedometer mobil yang mati dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah panel eror atau bermasalah. Panel speedometer adalah satu kesatuan. Artinya, apabila ada satu bagian yang rusak, maka indikator petunjuknya pun akan ikut mati dan tidak jalan.

Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya melakukan pengecekan pada kondisi panel speedometer tersebut. Di zaman sekarang, pengecekan panel ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan suatu alat yang disebut scan tool.

Alat ini dapat memberi tahu Anda bagian mana yang mengalami gangguan atau kerusakan pada panel speedometer. Dengan begitu, Anda dapat segera memperbaiki atau mengganti bagian panel yang eror atau rusak tersebut agar dapat bekerja kembali.

  1. Masalah Kelistrikan

Hal lain yang dapat menyebabkan masalah pada speedometer mobil bahkan membuatnya mati adalah adanya masalah kelistrikan. Masalah kelistrikan ini dapat mempengaruhi fungsi speedometer karena alat tersebut membutuhkan daya listrik untuk dapat bekerja dan melakukan tugasnya.

Oleh karena itulah speedometer mobil bisa eror atau bahkan mati apabila terjadi masalah pada sistem kelistrikan seperti eror atau konslet yang menyebabkan aliran listrik ke speedometer terhenti. Dengan terhentinya aliran listrik ke speedometer, panel penunjuk pun otomatis akan ikut mati karena tidak memperoleh daya yang cukup.

Ketika hal ini terjadi, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah eror atau gangguan pada speedometer mobil disebabkan oleh masalah kelistrikan. Cara memastikannya sangat mudah, yaitu dengan mengecek serta memeriksa jalur kabel yang menuju speedometer mobil.

  1. Sensor Speedometer Rusak

Speedometer mobil yang mati selain disebabkan oleh masalah pada sistem kelistrikan dan gangguan atau eror pada panel, juga dapat disebabkan oleh sensor speedometer yang rusak. Hal ini dapat terjadi pada mobil yang telah dilengkapi dengan sensor elektronik. Sensor elektronik ini biasanya dapat ditemukan pada bagian transmisi.

Sensor ini sangat penting karena tugasnya adalah memprediksi kecepatan kendaraan. Artinya, apabila sensor pada speedometer mengalami gangguan atau kerusakan seperti soket longgar dan terlepas, maupun gear transduser aus, kecepatan mobil pun tidak akan dapat diprediksi.

Selain menyebabkan kecepatan mobil tidak dapat diprediksi, kerusakan pada sensor speedometer juga dapat membuat lampu check engine menyala. Hal ini kerap terjadi pada mobil yang telah menggunakan teknologi Engine Fuel Injection (EFI).

Pada kendaraan yang menggunakan rem ABS, sensor kecepatan juga dapat ditemukan pada roda-roda. Oleh karena itulah speedometer mobil bisa mati apabila terjadi kerusakan pada sistem rem ABS.

Penyebab speedometer mobil mati yang telah disebutkan di atas akan dapat diatasi dengan baik apabila Anda mengikuti Kursus mekanik mobil. Pasalnya, Anda dapat belajar tentang otomotif terutama tentang mobil lebih dalam apabila mengikuti Kursus mekanik mobil.

Selain itu, Anda juga akan diberikan pengetahuan teori serta pengetahuan praktikal yang cukup sehingga setelah selesai kursus, Anda dapat melakukan perbaikan mobil dengan baik.