Lompat ke konten

Informasi Terkait Pesantren Terbaik di Indonesia

  • oleh

Lembaga pendidikan agama atau pesantren merupakan tempat dimana para siswa dapat memupuk karakter religius namun dapat tetap bersosialisasi. Mereka yang tidak mengenal baik tentang pesantren akan menganggap jika tempat ini cukup kuno, kaku dan radikal. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, ada banyak petinggi hingga presiden yang merupakan lulusan dari pesantren. Karena banyaknya lulusan ternama yang nama besarnya masih dikenal hingga kini, masyarakat memiliki ketertarikan yang cukup tinggi tentang pesantren. Di Indonesia sendiri, ada banyak pesantren terbaik yang dapat dipilih oleh masyarakat.

Pesantren Tebaik di Indonesia yang Populer

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ada banyak pesantren terbaik yang ada di tanah air. Pesantren tersebut akan menyediakan fasilitas yang lengkap kepada para santri sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Agen peci kopiah songkok merupakan salah satu pihak yang bekerja sama dengan pesantren dan bertugas untuk menyediakan peci atau kopiah kepada para santri. Kerja sama yang dilakukan oleh pesantren dan agen membuat ketersediaan peci tidak akan pernah kosong.

Berbicara mengenai pesantren terbaik, pesantren Modern Gontor menjadi salah satu pesantren yang cukup populer. Pesantren ini merupakan cikal bakal pesantren modern yang ada di tanah air. Sistem pendidikan yang diadakan oleh pesantren ini banyak ditiru oleh pesantren lainnya. Sebelum menjadi pesantren Modern Gontor, pesantren semula bernama Ponpes Darusalam Gontor. Pengubahan nama pesantren justru meningkatkan minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan di pesantren ini. Kepopuleran yang dimiliki oleh pesantren tidak hanya terjadi di dalam negeri saja melainkan juga di luar negeri. Pesantren juga menyediakan sistem pendidikan sekolah tinggi hingga jenjang S3.

Pesantren terbaik lainnya yang ada di Indonesia adalah Sidogiri. Pesantren yang terletak di Pasuruan ini merupakan pesantren yang cukup tua tetapi terus mengalami perkembangan hingga saat ini. Meskipun telah memasuki jaman modern saat ini, pesantren masih mempertahankan ciri khasnya sendiri. Salaf murni yang merupakan sistem pendidikan di pesantren Sidogiri tetap dipertahankan. Sistem pendidikan yang mengkaji mengenai ilmu agama ini merupakan daya tarik utama yang dimiliki oleh pesantren. Dengan bisnis yang dikelolanya, pesantren mampu bertahan secara mandiri. Pesantren mendirikan minimarket dan lembaga keuangan yang dapat diperhitungkan.

Pesantren Langitan menjadi pesantren populer dan terbaik lain yang ada di Indonesia. Pesantren yang didirikan pada tahun 1852 ini memiliki pengaruh yang cukup besar di kota Surabaya. KH Abdullah Faqih merupakan sosok penting yang berasal dari pesantren. Karena kehadiran sosok penting ini, pesantren Langitan semakin dikenal oleh orang banyak. Pesantren berdiri di tanah dengan luas 7 hektar. Kondisi inilah yang membuat para santri merasa nyaman ketika belajar di dalam pesantren.

Karakteristik Pesantren di Tanah Air

Terkenalnya pesantren di tanah air bukan tanpa sebab. Jika diperhatikan dengan seksama, pesantren tersebut memiliki karakteristik tertentu yang dapat memberikan manfaat kepada para santri. Pesantren biasanya menggunakan sistem tradisiona namun memiliki kebebasan penuh jika dibandingkan dengan sekolah umum. Sistem mampu melahirkan hubungan 2 arah yang terjadi diantara para santri dan kiyai. Tidak hanya itu, berikut karakteristik lainnya yang dimiliki oleh pesantren di Indonesia:

  1. Pesantren yang mengutamakan persaudaraan, kesederhanaan, keberanian, idealisme, persamaan dan percaya diri.
  2. Kehidupan pesantren yang demokrasi.
  3. Tersedianya pondok dimana santri dan kiyai dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dan pendalaman ilmu agama.