Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan

Ditinggalkan oleh seorang yang kita cintai untuk selama-lamanya  memang menjadi salah satu hal yang sangat menyedihkan. Namun, kita tidak menghalangi semuanya karena kematian menjadi salah takdir dari sang pencipta yang tidak bisa diubah lagi karena pasal setiap manusia pasti akan menemui yang namanya kematian.

Sholat Jenazah Sesuai Perintah Ulama

Sebagai keluarga yang ditinggalkan atau sebagai sesama muslim, ada banyak kewajiban yang harus kita lakukan terhadap jenazah tersebut. Ini mempunyai hukum fadhu kifayah di mana wajib dilakukan, tapi akan gugur jika sudah ada yang melakukannya. Ini sama dengan hukum memandikan jenazah di tempat pemandian jenazah.  Akan tetapi akan berubah menjadi berdosa jika tidak ada yang melakukannya khususnya sesama umat muslim. Maka dari itu, setiap umat muslim wajib dianjurkan untuk menjalankan sholat jenazah ini ketika sedang ada orang meninggal.  Ada sebuah penjelasan mengenai hal tersebut.

Abi Umamah Bin Sahl mengatakan kepada seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang mengabarkan jika peraturan sunnah di dalam sholat jenazah itu adalah iman bertakbir dan setelah itu membaca Al Fatihah yang dilakukan setelah takbir yang pertama yang dilakukan secara sirr atau di dalam hati. Setelah itu, dilanjutkan dengan melantunkan sholawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam  waktu itu , Anda bisa sembari memanjatkan doa-doa untuk jenazah.

Tata Cara Mensholatkan Jenazah Perempuan

Seperti yang kita ketahui bahwa ada berbagai peraturan yang sudah dituliskan secara runtut dalam melakukan sholat jenazah. Di dalam peraturan tersebut, tercatat jika tata cara mensholatkan jenazah perempuan dan laki-laki itu berbeda jauh. Perbedaan tersebut nampak dari niatnya hingga bacaan yang dilafalkan selama proses sholat jenazah, Namun pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai tata cara  melakukan sholat jenazah wanita.  Anda harus mengikuti semua tata caranya agar sholat shah dan diterima oleh Allah SWT. Berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Niat sho;at jenazah untuk perempuan

Sama dengan menjalankan sholat fadhu, ketika sedang menjalankan sholat jenazah harus diawali dengan niat terlebih dahulu. Niat yang dibacakan untuk jenazah wanita berbeda dengan jenazah pria. Berikut ini adalah niat yang harus Anda baca, yaitu :

Usholi ala haddzahihil mayyiti arbaa’a takbirratun fardho kifayattinma’muman lillahi taala

Arti  dari niat tersebut adalah niat untuk sholat jenazah fadhu kifayah karena allah semata

  1. Berdiri sempurna bagi yang mampu

Dalam sholat jenazah diwajibkan untuk mengambil sikap berdiri bagi yang mampu, Tapi bagi yang tidak bisa dilakukan cara duduk. Janga lupa untuk merapikan shaff sebelum memulai sholat jenazah.

  1. Takbir

Setelah berdiri sempurna dan shaf rapi lakukan takbir sebanyak 4 kali. Pada saat melakukan takbir, sangat disunahkan untuk mengangkat kedua telapak tangan Anda hingga menyentuh sebatas bahu. Setelah itu, letakkan tangan diantara dada pusar pada setiap takbir dilakukan.  Lafalkan kata Allahuakbar

  1. Membaca Al Fatihah dengan khusuk

Sama dengan sholat fadhu dan sunnah lainnya, shlat jenazah juga diawali dengan membaca surat al fatihah terlebih dahulu. Surat al fatihah merupakan  sebuah jenis sholat yang berisi mengenai berbagai  pujian untuk sang pencipta. Selain itu, surat Al Fatihah juga dijadikan sebagai sarana penghantar doa dan ibadah

  1. Baca sholawat

Sholawat memang menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Lakukan sholawat nabi pada saat melakukan sholat jenazah. Ini akan menambah sempurna ibadah

  1. Salam

Lakukan salam setelah selesai melakukan sholat jenazah ini. Jangan lupa untuk mendoakan jenazah juga