Tanaman Hias Viral

Aktivitas berkebun atau bercocok tanam semakin digemari beberapa tahun belakangan ini, khususnya pada saat pandemi Covid-19 melanda dunia. Memupuk tanah, menyirami bunga, membuang rumput liar, hingga mempercantik tanaman dan halaman rumah memang memberikan kepuasan tersendiri. Menurut beberapa penelitian bahkan ada banyak sekali manfaat ketika seseorang rajin berkebun.

Salah satu manfaat berkebun yang paling dikenal adalah ampuh mengatasi masalah kesehatan mental. Ya, berkebun bukan hanya baik bagi kesehatan fisik saja, tetapi juga fokus pada mental. Masalah-masalah yang berkaitan dengan mental dan otak, seperti kecanduan, stres, depresi, Demensia, hingga Alzheimer, bisa diatasi dan berkurang resikonya dengan rajin berkebun.

Tak heran, jika banyak yang menjadikan momen karantina saat pandemi untuk berkebun dan merawat tanaman. Cara ini dipercaya juga bisa menghilangkan rasa bosan saat pandemi memaksa semua orang untuk berada di rumah saja. Alhasil, berkat tren berkebun, tanaman hias yang dulu tidak dikenal luas, kini jadi primadona dan dicintai banyak orang.

Sepanjang masa pandemi, setidaknya ada sepuluh lebih jenis tanaman hias viral yang dimiliki dan dicari-cari para pecinta tanaman hias. Tanaman-tanaman ini bahkan sempat dibanderol dengan harga tinggi hingga puluhan jua rupiah, karena laris manis di pasaran dan banyak dicari. Tanaman apa saja yang kini tengah viral? Simak ulasan yang berikut.

  1. Caladium

Tanaman Caladium atau Keladi memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta tanaman. Coba cek, siapa sih pecinta tanaman hias yang tidak memiliki tanaman berbentuk unik ini? Caladium sendiri merupakan tanaman asal Brazil yang juga banyak ditemukan di Indoensia. Tanaman ini biasanya kerap dijumpai di tanah-tanah lembap, di bawah pohon besar, atau pinggir sungai.

Ada banyak sekali jenis Caladium yang paling banyak dicari para pecinta tanaman hias, di antaranya Caladium amazon, Caladium gingerland, Caladium Carolyn Whorton, Caladium white Christmas, Caladium moonlight, dan masih banyak lagi lainnya. Pertumbuhannya yang cepat, membuat tanaman ini nyaris ada di setiap rumah pecinta tanaman hias.

  1. Aglonema

Aglonema memang termasuk jenis tanaman hias yang tak pernah surut penggemar. Tanaman yang juga dikenal dengan nama lain Sri Rejeki ini memiliki ragam warna dan jenis yang menawan. Mulai dari Aglonema redpeacock yang warnanya kemerahan, Aglonema harlequin yang berwarna merah pucat, hingga Aglonema lipstick yang berwarna hijau dengan garis tepi merah merona.

Dari sejumlah jenis tanaman hias Aglonema, Aglonema Lipstick adalah yang jenis yang paling banyak dimiliki para pecinta tanaman hias. Gradasi warna hijau dan merahnya yang unik, membuat tanaman ini begitu dicintai. Harga Aglonema pun beragam sesuai jenisnya, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan.

  1. Anthurium

Tanaman Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki harga jual cukup tinggi. Keindahan corak, ragam jenis, serta tampilannya yang kekar adalah beberapa alasan tingginya harga Anthurium. Apalagi, beberapa sumber menyebutkan, tanaman ini merupaan tanaman hiasan istana di berbagai kerajaan Jawa sebagai identitas masyarakat berstatus sosial tinggi.

Setidaknya terdapat kurang lebih 1000 jenis Anthurium, di antaranya Anthurium andraenaum yang memiliki daun berwarna merah dan hijau, Anthurium crystallinum yang sering disebut tanaman kuping gajah serupa Caladium, Anthurium hookeri, Antherium keris, Anthurium corong, hingga yang paling mahal dan langka, yaitu Anthurium superbum.

  1. Alocasia

Alocasia merupakan salah satu jenis tanaman hias di daerah tropis yang masih berkerabat dekat dengan Caladium, Aglonema, dan Anthurium. Bentuknya memang serupa dengan ketiga jenis tanaman hias tadi, namun jika diperhatikan lebih teliti Alocasia memiliki keunikan tersendiri, terutama dari bentuk tulang tengahnya.

Ada sekitar 70 lebih jenis Alocasia, yang paling dikenal adalah Alocasia Baginda Silver Dragon. Jenis lainnya, seperti Alocasia wentii, Alocasia melo, Alocasia amazonia ‘polly’, dan masih banyak lagi, juga kerap dicari para pecinta tanaman hias. Harganya juga cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah saja.

  1. Sanseviera

Sanseviera atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua merupakan jenis tanaman hias yang hingga kini masih digemari. Tanaman ini juga memiliki jenis yang beragam dengan bentuknya unik yang berbeda-beda. Namun, satu ciri khasnya adalah daunnya yang panjang dengan ujung daun yang meruncing. Sehingga, tanaman ini juga sering disebut Snake Plant.

Bukan hanya tampilannya yang menarik, Sanseviera juga banyak dicari penggemar tanaman hias karena bermanfaat untuk menyaring udara kotor, racun, dan polusi. Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah dalam perawatannya. Ia termasuk tanaman yang tidak perlu disirami setiap hari, bahkan bisa tumbuh subur di sudut gelap ruangan dan tidak mudah mati.

  1. Monstera

Sebetulnya ada banyak sekali jenis Monstera, namun yang paling populer adalah Monstera obliqua dan Monstera adansonii atau dikenal dengan sebutan janda bolong. Jenis tanaman ini kerap dijadikan tanaman hias indoor oleh banyak pecinta tanaman hias. Bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang hijau terang memberikan kesan tropikal yang begitu segar pada ruangan.

Baik Monstera obliqua maupun Monstera adansonii, keduanya dibanderol harga hingga jutaan rupiah. Sebab, kedua tanaman ini memang sangat digemari banyak orang. Selain kedua jenis tersebut, Monstera lainnya yang tak kalah hits adalah Monstera deliciosa yang memiliki daun besar, lebar, serta berlubang menyerupai celah hingga ke pinggir daunnya.

  1. Calathea

Indah sekali nama tanaman hias yang satu ini, bukan? Calathea dikenal dengan jenis tanaman hias yang berdaun lonjong dan ditandai dengan garis dalam rangkaian warna memesona. Garis-garisnya yang berwarna hijau tua begitu menarik perhatian dan membuatnya mudah dikenali sebagai tanaman Calathea.

Garis-garis corak yang khas ini pulalah yang membuat tanaman Calathea sering dijuluki dengan nama tanaman zebra, ranaman merak atau tanaman ular berbisa. Meski memiliki keunikan, tanaman yang satu ini tidak dibanderol dengan harga yang begitu mahal. Biasanya tanaman ini dijual mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja.

  1. Philodendron

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias yang juga hits belakangan ini. Terlebih, tanaman ini sangat mudah bertumbuh dan dikembangkan. Daunnya begitu lebat dan sangat cepat pertumbuhannya. Tak heran, jika philodendron banyak dimanfaatkan sebagai tanaman rambat dan gantung yang indah.

Salah satu jenis Philodendron, yaitu Philodendron micans memiliki bentuk daun yang serupa dengan daun sirih. Namun, warna maroon dan hijaunya membuat tanaman ini unik dan berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. Harga yang dibanderol Philodendron sekitas belasan hingga ratusan ribu rupiah untuk satu potnya.

  1. Oxalis

Tanaman yang satu ini sangat unik dan berbeda dari bentuk tanaman lainnya. Oxalis sering disebut sebagai tanaman kupu-kupu, bukan karena digemari kupu-kupu, tetapi bentuk daunnya memang menyerupai sayap kupu-kupu terbuka. Saat sedang bersemi, Oxalis akan ditumbuhi bunga-bunga putih nan indah di atas daun berbentuk kupu-kupunya. Cantik sekali penampakannya.

Oxalis juga memiliki banyak jenis. Salah satu jenis Oxalis yang paling terkenal dan dimiliki banyak pecinta tanaman hias adalah Oxalis triangularis dengan daun yang berwarna ungu gelap yang indah. Ada juga Oxalis yang daunnya berwarna hijau, bahkan campuran ungu gelap dan hijau terang, indah sekali.

  1. Pilea

Pilea memiliki bentuk daun yang cukup unik. Jika tanaman hias lainnya kebanyakan berdaun lonjong, Pilea memiliki bentuk daun yang bulat dan pipih. Pertumbuhan daunnya terbuka mekar, sehingga jika diletakkan di pot, terlihat bulat menutupi pot. Tanaman hias yang satu ini juga termasuk tanaman yang tidak tumbuh besar alias tetap mini.

Perawatan tanaman Pilea cukup mudah. Serupa Sanseviera, ia tidak perlu sering-sering disiram dan tidak perlu menyiraminya dengan terlalu banyak air. Karenanya, banyak yang menjadikan tanaman ini sebagai penghias ruangan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tata letaknya yang tetap harus terkena sinar matahari, meski tidak langsung. Misalnya, letakkan di pinggi jendela.

  1. Pothos

Nama tanaman hias Pothos mungkin tidak begitu populer, terutama di kalangan orang awam. Pothos adalah nama lain dari Sirih gading yang banyak digemari para pecinta tanaman hias. Sirih Gading merupakan salah satu tanaman hias yang sangat mudah perawatannya dan sangat cepat pertumbuhannya. Tanaman ini juga sangat banyak dijadikan pelengkap dekorasi rumah.

Selain pertumbuhannya yang cepat dan perawatannya yang mudah, Sirih Gading juga sangat cocok ditempatkan di bagian rumah mana saja. Ada yang menjadikannya sebagai tanaman outdoor penghalang sinar matahari, dijadikan tanaman indoor menggantung di rak buku juga sangat indah, bahkan ada yang menggantungkannya di kamar tidur sebagai dekorasi yang mengesankan kesejukan.

  1. Anggrek

Anggrek memang termasuk tanaman yang cukup tinggi harganya dan digemari banyak orang. Belakangan, popularitas Anggrek semakin tinggi seiring pandemi. Jika dulu hanya para kolektor Anggrek saja yang menjadikannya sebagai tanaman hias rumahan, kini banyak sekali orang yang mencari Anggrek untuk dijadikan tanaman hias pelengkap dekorasi rumah.

Di dunia, terdapat 25.000 lebih jenis tanaman Anggrek dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di beberapa pulau di Indonesia. Anggrek cattleya adalah salah satu jenis tanaman Anggrek yang cukup banyak penggemarnya karena mekar bunganya yang indah. Namun, jenis Anggrek yang satu ini paling banyak ditemukan di Kosta Rika dan termasuk tanaman Epifit atau menumpang di tumbuhan lain.

  1. Spanish Moss

Spanish Moss atau yang populer disebut tanaman Jenggot Musa merupakan salah satu tanaman unik yang juga viral belakangan ini. Tanaman yang berasal dari keluarga Bromeliaceae ini biasanya tumbuh subur menggantung pada dahan-dahan pohon besar. Fisiknya terlihat kering, namun memang begitulah perawakannya.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias di rumah tipe minimalis, karena akan membuat rumah semakin terlihat asri. Seringkali Spanish Moss dijadikan tanaman gantung yang indah yang diletakkan menggantung di depan-depan rumah aau sebagai penghalang sinar matahari. Tanaman ini juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa tanaman hias viral sepanjang masa pandemi. Diperkirakan, tanaman-tanaman ini masih akan terus eksis hingga beberapa tahun ke depan. Jadi, tanaman mana yang sudah Anda miliki? Apapun tanamannya, sebaiknya lakukanlah perawatan secara rutin dan teratur sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.