Ragam Pilihan Tempat Wisata di Wonogiri

Kota Gaplek merupakan julukan untuk kota Wonogiri. Kota yang berbatasan dengan Pantai Selatan dan Gunung Kidul ini memiliki banyak lokasi wisata yang eksotis dan sayang untuk dilewatkan. Lokasi wisata yang berada di Wonogiri masih nampak asri. Pengunjung yang mendatangi lokasi wisata tersebut akan merasakan suasana petualangan yang berbeda.

Tempat Wisata di Wonogiri dengan Keindahan Alam Menakjubkan

Belum lengkap rasanya jika kita belum mendatangi Pantai Nampu ketika bertandang ke kota Wonogiri. Pantai eksotis ini menjadi salah satu pulau indah yang dimiliki kota Wonogiri. Hamparan pasir berawarna putih nampak sangat alami dan membuat keindahan alam yang dimiliki oleh pantai semakin bertambah. Pengunjung juga dapat mendengar sapuan ombak yang menerjang batuan karang. Karena lokasinya yang tenang dan sepi, Pantai Nampu dapat menghilangkan penat dengan baik.

Pengunjung yang gemar menikmati pemandangan alam pantai dan cerita mitos, mereka dapat berkunjung ke Pantai Sembukan. Pantai tersebut dikenal sebagai lokasi dimana kegiatan spiritual dilakukan. Karena hal inilah, Pantai Sembukan menjadi tujuan dari tokoh spiritual keraton Yogyakarta dan Surakarta sering datang berkunjung. Dari pusat kota, pengunjung perlu melakukan perjalanan selama 2 jam. Untuk mengetahui tempat wisata dengan keindahan alam menakjubkan lainnya yang berada di Wonogiri, simak ulasannya di bawah ini:

Pantai Banyutowo

Pantai di Wonogiri dengan keindahan alam mempesona adalah Pantai Banyuwoto. Pantai tersebut merupakan pantai langka yang dimiliki oleh Wonogiri. Berkunjung ke pantai ini, pengunjung akan dimanjakan dengan air laut berwarna biru dan pasir yang bewarna putih. Pemandangan alam menakjubkan dapat dilihat disepanjang pulau. Jika ditelisik lebih jauh, pantai ini merupakan lokasi dimana air asin laut dan air tawar sungai bertemu. Pengunjung dapat pula melihat air yang terjun ke Pantai Banyuwoto.

Bukit Jonambang

Tak kalah indah dengan Pantai Banyuwoto, Bukit Jonambang juga memiliki pemandangan alam yang mempesona. Lokasi wisata ini cukup populer bagi para traveller. Pemandangan matahari terbenam menjadi pesona utama yang dimiliki oleh Bukit Jonambang. Berada di sekitar bukit, pengunjung dapat pula melihat pemandangan Gunung Merapi dan waduk Gajah Mungkur. Di tempat ini juga terdapat Gazebo sebagai tempat untuk bersantai para pengunjung.

Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur merupakan ikon wisata kota Wonogiri. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Meskipun merupakan waduk buatan, waduk ini memiliki penampilan yang eksotis. Karena suasananya yang nyaman, waduk ini menjadi tempat berlibur bagi keluarga yang tepat untuk dipilih. Pemandangan alam yang indah dapat dilihat disekitar waduk. Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini, mereka dapat bermain jet ski dan boat.

Sedang Asri Wonogiri

Destinasi wisata ini lokasinya berdekatan dengan Waduk Gajah Mungkur. Di tempat ini, pengunjung dapat menemukan hiburan dan wahana yang menarik seperti waterboom, taman satwa dan kereta kelinci. Sedang Asri Wonogiri juga menjadi lokasi dimana pedagang kuliner berkumpul. Pengunjung dapat memanjakan lidah mereka ketika berada di tempat ini.

Air Terjun Kalimas

Tahun 2017 merupakan tahun dimana air terjun Kalimas dibuka untuk pertama kalinya. Lokasi wisata ini mampu menarik perhatian pengunjung karena keindahan alam yang dimilikinya. Air terjun ini memiliki air yang nampak sangat jernih. Ketinggian air terjun yang dimilikinya berkisar 10 m dan lebar 15 m.

Telaga Rowo Batuwarno

Lokasi wisata populer dengan keindahan alam mempesona yang dimiliki oleh kota Wonogiri adalah Telaga Rowo Batuwarno. Karena kepopuleran yang dimilikinya, lokasi wisata ini sangat populer dikalangan wisatawan. Tiap kali hari libur tiba, tempat ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Tidak hanya menikmati keindahan alam yang ada, pengunjung dapat melakukan aktifitas memancing di tempat ini. Telaga Rowo Batuwarno dikelilingi oleh peternakan air tawar. Tak mengherankan jika pengunjung dapat memancing di sekitar lokasi wisata. Dari data yang tertera pada hargatiket.net, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk sama sekali.

Puncak Secokro

Hampir sebagian wisatawan tidak merasa asing dengan Puncak Secokro. Tempat ini adalah menara panjang dengan ketinggian dan panorama alam yang menakjubkan. Terdapat bukit berjejer dan pepohonan hijau yang dapat pengunjung lihat melalui tempat ini. Ada pula gardu pandang yang dapat digunakan oleh pengunjung ketika mengambil foto.

Pantai Dadapan

Wisata alam bahari tidak akan pernah kehabisan pesonanya. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh Pantai Dadapan. Pantai yang berada di Wonogiri ini ditumbuhi oleh pohon dadap. Karena banyaknya pohon dadap yang berada di sekitar pantai, pengunjung tidak akan merasa terlalu panas ketika berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Deburan ombak yang tenang membuat suasana hati pengunjung terasa damai.

Bukit Cumbri

Panorama menakjubkan dapat dilihat pula oleh pengunjung yang datang ke Bukit Cumbri. Lokasi wisata tersebut sangat populer di kalangan remaja. Keunikan pemandangan alam yang dimiliki oleh destinasi wisata Bukit Cumbri menjadi pesona utama yang dimilikinya. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus melakukan pendakian selama satu jam. Guna memanjakan mata dan menikmati keindahan alam eksotis yang dimilikinya, pengunjung perlu mengeluarkan tenaga yang tidak sedikit.

Alas Kethu

Dengan suasana dan pemandangan alam yang dimilikinya, Alas Kethu sangat tepat dikunjungi ketika pengunjung ingin melepas penat akibat beban pekerjaan yang tinggi. Pemandangan yang menyegarkan menjadi sambutan utama bagi para pengunjung yang datang ke Alas Kethu. Dengan keramahan warga sekitar, pengunjung lokasi wisata ini akan merasa betah berlama-lama menghabiskan waktu di Alas Kethu. Dari kota Wonogiri, pengunjung hanya membutuhkan waktu selama 15 menit jika ingin berkunjung ke tempat ini.

Destinasi Wisata Paling Hits di Wonogiri

Dengan keindahan alam yang dimiliki oleh kota Wonogiri, kita dapat mengetahui dengan jelas bahwa kota tersebut banyak menyimpan lokasi wisata yang menarik. Keindahan alam yang dimilikinya membuat banyak lokasi wisata hits yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal dan domestik. Waduk Song Putri adalah salah satu tempat wisata yang hits dan populer di Wonogiri. Banyak spot foto menarik yang disajikan oleh lokasi wisata ini. Lokasinya yang terletak di pedesaan membuat waduk bebas dari polusi. Udara yang sejuk dan segar dapat dirasakan oleh semua pengunjung yang datang ke Wadung Song Putri.

Pantai Sembukan masuk ke dalam jajaran lokasi wisaata hits yang ada di Wonogiri. Pantai ini menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Pantai terletak dibalik batuan karang berukuran besar. Pantai Sembukan juga memiliki mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Dari kota Wonogiri, jarak yang perlu ditempuh oleh pengunjung adalah 40 Km. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Nampu. Ombak ganas dan besar yang dimiliki oleh Pantai Sembukan membuat pengunjung dilarang untuk berenang. Di bawah ini menjadi lokasi wisata hits lainnya yang berada di Wonogiri:

Gua Putri Kencono

Bagi wisawatan yang gemar melakukan petualangan, Goa Putri Kencono merupakan pilihan lokasi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Di dalam goa, pengunjung dapat menemukan keberadaan stalagmit dan stalaktit. Dengan pemandangan yang berada di dalamnya, goa ini mampu menarik perhatian para wisatawan.

Museum Wayang Kulit

Berlibur ke Wonogiri, pengunjung tidak hanya dapat melakukan wisata alam tetapi juga wisata edukasi. Wisata edukasi dapat dilakukan dengan cara berkunjung ke Museum Wayang Kulit. Di dalam museum ini, pengunjung dapat menemukan wayang Bali, wayang suket, wayang klitik dan wayang golek. Koleksi lengkap yang dimiliki oleh museum ini, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri meresmikannya menjadi Museum Wayang Indonesia.

Museum Karst

Wisata edukasi dapat pula wisatawan lakukan dengan mendatangi Museum Karst. Museum yang tel berdiri pada tahun 2008 lalu ini mengenalkan kepada pengunjung akan jenis-jenis batuan Karst.

Pantai Puyangan

Wonogiri memiliki jumlah pantai yang berlimpah. Pantai Puyangan menjadi salah satu pantai dengn keindahan alam yang tiada duanya. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang berwarna biru. Udara sejuk yang dimilikinya membuat pengunjung merasa tenang berlama-lama di tempat ini.

Pantai Karang Bang

Meskipun Pantai Karang Bang tidak memiliki pasir yang berwarna putih, pantai ini memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Karena keindahan alam yang dimilikinya, Pantai Karang Bang masuk ke dalam jajaran lokasi wisata hits di Wonogiri. Banyak pengunjung yang tertarik untuk menjelajahi pantai karena keindahan alam yang dimilikinya.

Binangun Watu Jadah

Lokasi wisata ini berupa air terjun yang masih belum banyak diketahui oleh manusia. Dengan penampilannya yang masih asri, pengunjung akan merasa nyaman ketika datang ke Binangun Watu Jadah.

Goa Maria menjadi lokasi wisata religi untuk umat Kristen. Goa yang terletak di desan Ngampohan ini menyajikan sendang yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Pantai Pringjono menjadi bagian dari lokasi wisata hits di Wonogiri. Pantai ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Nampu. Pemandangan alam yang dimiliki oleh pantai sangat eksotis karena pantai diapit oleh dua buah tebing yang tinggi. Untuk menikmati panorama alam dengan puas, pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berkemah di lokasi wisata ini.

Lokasi wisata yang hits dan sedang trend di media sosial adalah Kedung Bandung. Lokasi wisata ini berdekatan dengan hutan pinus yang berada di Wonogiri. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat wisata ini. Karena telah booming di media sosial, Kedung Bandung kini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mereka datang ke tempat tersebut untuk menikmati keindahan alam dan sekedar mengambil foto bersama dengan teman dan keluarga.

Jembatan Cinta Wonogiri adalah lokasi wisata hits di Wonogiri dan populer diantara anak muda. Lokasi wisata ini sebenarnya hanya berupa sebuah jembatan yang melintang di sungai. Hingga kini, belum diketahui dengan pasti alasan mengapa jembatan tersebut disebut sebagai jembatan cinta. Banyak yang menilai bahwa jembatan ini merupakan lokasi dimana sepasang sejoli berkumpuldan berbincang-bincang untuk menghabiskan waktu.

Lokasi wisata di Wonogiri yang tak kalah populer adalah Cagar Alam Danalaya. Di tempat tersebut, para pengunjung akan dimanjakan dengan keasrian hutan. Banyak pohon jati menjulang tinggi yang hidup di cagar alam ini. Pengunjung dapat bersantai di dekat pohon sembari menikmati pemandangan alam yang berada di sekitarnya.