5 Universitas di Jepang Ternama yang Memiliki Kualitas Pendidikan Tinggi

Jepang termasuk Negara yang menerapkan sistem pembelajaran paling baik se-Asia. Inilah alasannya kenapa banyak mahasiswa asing yang memilih universitas di jepang sebagai tempat mengenyam pendidikan lebih tinggi. Tak hanya system pembelajarannya saja yang berkualitas, semua fasilitasnya pun sangat bagus dan ramah.

Jika Anda hendak melanjutkan pendidikan ke Jepang namun terkendala biaya, Anda bisa mengupayakan dengan program beasiswa. saat ini, banyak bimbingan beasiswa luar negeri yang akan membantu Anda bersaing dengan hebat.

Well, sekarang, Anda bisa menyimak beberapa daftar universitas Jepang yang ternama dan berkualitas. Check it out!

Universitas Tokyo

Siapa yang tak mengenal universitas satu ini? Jepang bahkan dunia telah mengakui bahwa universitas ini sangat bagus sistem pendidikannya. Universitas ini menempati posisi terbaik sedunia di deretan ke 22.

Bagaimana dengan jurusannya? Jurusan yang tersedia di Tokyo University lebih berfokus ke disiplin ilmu. Jurusan tersebut berlaku untuk semua jenjang (S1-S3). Yang paling utama, universitas ini sangat menjunjung kualitas penelitian/riset.

Universitas Nagoya

Selanjutnya, ada Nagoya University. universitas ini sudah berdiri cukup lama tepatnya sejak masa kekaisaran Meiji. Mulanya, Nagoya hanyalah sekolah kedokteran yang kini telah berkembang menjadi universitas terbaik di Jepang.

Bagi kalian yang menyukai dunia sains, Anda sangat disarankan untuk belajar di Nagoya University. hampir semua alumni universitas ini berhasil meniti karir di bidang tersebut. Contohnya yakni Isamu Akasa dan Hiroshi Amano yang meraih nobel serta penemu Blue-LED.

Tokyo Tech

Institute Teknologi Tokyo ini mampu menduduki peringkat 3 terbaik di Negara Jepang. Untuk tingkat dunia, universitas ini masuk ke dalam posisi ke 58. Posisi tersebut cukup baik mengingat dunia ini memiliki ratusan bahkan ribuan universitas.

Institute terbaik di Jepang ini mengajak mahasiswa berkembang dalam berbagai bidang. Beberapa bidang yang menjadi fokus utama Tokyo Tech adalah bidang seni, sosial, teknologi dan sains.

Hal yang menjadi daya tarik pada universitas ini adalah sistem pendidikannya yang mengedepankan pembelajaran kemanusiaan serta moral. Tak banyak universitas yang memikirkan hal ini namun Tokyo Tech selalu menerapkannya dalam pembelajaran.

Universitas Kyoto

Ibaratnya, Kyoto adalah Jogja di Negara Jepang. Ya, tempat ini penuh dengan tempat edukasi serta masih sangat mentaati dengan adat istiadat. Hal ini merupakan salah satu faktor yang membuat para mahasiswa lokal dan asing nyaman belajar di Tokyo University.

Universitas ini menawarkan jurusan untuk S1 sebanyak 110 dan S2 sebanyak 17. Cukup banyak, kan? Bahkan, banyak alumni yang berhasil meraih nobel dalam berbagai bidang seperti biologi molekuler, kimia, dan fisika teori.

Universitas Tohoku

Apakah Anda pernah mendengar tentang universitas ini? Surely, sebagian dari Anda pasti pernah mendengarnya. Tohoku University berdiri sekitar tahun 1907. Universitas ini tergolong cukup lama beroperasi di negara Jepang.

Tohoku mendapatkan peringkat ke 82 sebagai universitas terbaik se-dunia dan peringkat 5 di Jepang. Itu adalah pencapaian luar biasa untuk Tohoku sehingga banyak pelajar yang mengincarnya Seperti tahun ini, hampir seluruh mahasiswa asing memanfaatkan bimbingan beasiswa luar negeri demi bisa masuk ke Tohoku.

Hal yang membuat para mahasiswa berbondong-bondong ingin belajar di Tohoku adalah tenaga pengajarnya. Pendidik di universitas ini bukan sembarang orang. Artinya, Mereka sangat profesional dan dan ahli sesuai passionnya.

so, siapkah Anda jika sekarang diberi kesempatan untuk belajar di salah satu universitas di Jepang tersebut? Jika itu benar adanya, maka Anda harus berusaha dan belajar lebih ekstrim karena tantangan tidak hanya ketika ingin lolos di Tohoku. Semoga sukses!