Wajib Diketahui Sebelum Mendaki, Simak 4 Informasi Mengenai Gunung Kerinci

Gunung yang satu ini merupakan gunung yang sering dikunjungi oleh beberapa pendaki karna merasa tertantang melakukan pendakian ke gunung tersebut. Karena memiliki ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl dan merupakan gunung api yang masih aktif di provinsi Jambi Indonesia. Sebelum mendaki, simak 4 informasi mengenai Gunung Kerinci yang menjadi kebanggan para pendaki ini. Yuk simak informasi berikut ini!

Fakta Unik Sebelum Melakukan Pendakian ke Kerinci

  1. Memiliki Danau Vulkanik

Gunung ini merupakan gunung api yang masih aktif sampai sekarang dan menjadi gunung aktif yang paling tinggi se-Indonesia. Terdapat pula danau vulkanik yang masih aktif  di wilayah Asia Tenggara yang terletak pada ketinggian 1.996 mdpl dan disebut sebagai Danau Gunung Tujuh.

  1. Suhu Dimusim Kemarau

Melakukan pendakian dimusim kemarau memang sering dijadikan pilihan karena menghindari cuaca hujan. Suhu dikawasan puncak kerinci bisa mencapai 5 derajat celcius saat kemarau. Hal ini perlu dilakukan sistem layering pada pakaian pendaki guna menghindari penyakit hipotermia.

  1. Asal Usul Nam Kerinci

Asal usul nama tersebut juga ada yang menyebutkan jika sebutan kerinci berasal dari bahasa Tamil yang bernama kurinji. Sebutan tersebut diambil dari nama bunga yang hanya tumbuh dan ada di dataran tinggi saja. Namun namanya masih mengalami perdebatan hingga sekarang.

  1. Hanya Satu Jalur

Jalur pendakian gunung ini hanya memiliki satu jalur yaitu melalui jalur Kersik Tuo. Jalr tersebut melalui Desa Kersik Tuo dengan menggunakan jasa transportasi yang ditawarkan sampi ke wilayah Sungai Penuh dan bisa langsung dilanjutkan perjalanan ke tempat Pos pendakian.

Nah itu tadi sekilas informasi yang bisa disampaikan di atas mengenai fakta seputar salah satu Gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan bagi Anda yang ingin mengetahui keberadaan gunung tersebut sebelum melakukan pendakian.