Petualangan Alam Seru, Berikut Daya Tarik Wisata Goa Pindul Jogja

Berbicara mengenai wisata yang ada di Jogja, tentu anda bisa menemukan berbagai macam lokasi yang seru. Apalagi untuk urusan wisata alam yang begitu indah. Jika anda sedang mencari lokasi terbaik untuk menghabiskan waktu liburan seru, maka wisata Goa Pindul menjadi pilihan ideal. Jika ingin tahu informasi lebih lanjut, cari tahu penjelasan berikut.

Tentang Goa Pindul

Nama goa yang satu ini ada bukan tanpa alasan yang jelas. Pasalnya, nama goa ini diambil dari dua kata bahasa Jawa. Kata pertama yaitu Pipi dan kata kedua adalah Kebendul. Jadi, jika disingkat, kedua kata tersebut menjadi nama Pindul. Menariknya, goa ini terbentuk secara alami karena Gunung kidul berjuta juta tahun lalu.

Yang membuat goa satu ini menjadi begitu populer berkat adanya stalaktit yang dimilikinya. Bahkan ini menjadi salah satu yang terbesar keempat di dunia. Selain hal tersebut, goa ini memiliki daya tarik lainnya berupa legenda yang menarik untuk diperbincangkan. Alhasil, goa ini menjadi lokasi favorit untuk menghabiskan waktu di jogja.

Jika anda ingin mengunjungi lokasi wisata ini, maka bisa datang langsung ke Dusun Gelaran II di Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Dengan kata lain, goa ini berada di sekitar 7 km jika ditempuh dari pusat kota Wonosari. Dari rute tersebut, anda bisa menempuh sekitar 2 jam perjalanan jika dari Jogja jika lalu lintas tidak padat.

Daya Tarik Wisata yang Bisa Ditemukan

  1. Cave Tubing

Ini menjadi salah satu daya tarik yang bisa anda temukan ketika berkunjung ke lokasi wisata alam ini. Ada beberapa zona yang dapat anda kunjungi yaitu terang, gelap, dan remang. Jadi, setiap zona akan memberikan sensasi tersendiri bagi anda yang ingin mendapatkan pengalam tidak terlupakan saat berlibur di Goa Pindul.

  1. Sungai Goa Pindul

Kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati kesegaran air sungai Pindul. Goa ini memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter untuk menampung air sungai, Sementara itu, jarak air dengan atap yang bisa diketahui dengan ukuran 4 meter. Karena airnya cukup dalam  yaitu 5 sampai 12 meter, maka pengunjung harus menggunakan pelampung untuk menyusuri sungai.

  1. Bebatuan yang Unik

Tempat wisata alam goa memang identik dengan stalagtit dan stalagmit. Hal ini juga berlaku dengan batuan yang terbentuk dari proses alami di goa pindul. Bentuk dari bebatuan ini terkesan menyatu tidak seperti  goa goa yang ada di daerah lainnya. Inilah yang membuat goa ini menjadi unik dibandingkan daerah lainnya.

  1. Sumur Terbalik

Ketika anda melakukan susur goa, maka akan menemukan keindahan yang begitu menawan dari goa. Pasalnya, anda bisa melihat ruangan yang agk vbesar dengan lunbang besar. Daya tarik ini seringkali mendapat sebutan dengan sumur terbalik atau cahaya surga. Tak ayal jika para pengunjung selalu mengabadikan momen ketika berada di paket wisata jogja ini.

Ketika anda berada di cahaya surga wisata Goa Pindul, maka anda akan disuguhi dengan keindahan sinar matahari yang berusaha menerobos masuk ke dalam gua. Agar dapat melihat fenomena ini dengan baik, maka anda bisa berkunjung di jam, 10 sampai dengan 12 WIB saat cuaca sedang cerah.

Secara keseluruhan, ada berbagai macam keindahan yang bisa anda temukan ketika berada di goa satu ini. Anda bisa menemukan air sungai yang begitu bening dengan kesegaran yang luar biasa. Tak hanya itu, bentuk gua yang unik selalu mengundang para wisatawan untuk selalu datang ke lokasi satu ini.