Yuk, Ketahui Pengertian, Jenis, dan Bentuk dari Pola Aliran Sungai

Pergerakan air di muka bumi dapat menyebaban erosi meski dalam jumlah kecil sekalipun. Dan sungai adalah sebutan bagi aliran air dengan ukuran besar dan memanjang yang terus-menerusĀ  mengalir dari hulu menuju ke hilir. Sungai juga memiliki jenis dan bentuk pola aliran yang berbeda-beda. Untuk itu, Yuk ketahui pengertian, jenis dan bentuk dari pola aliran sungai.

Informasi Singkat Tentang Pola Aliran pada Sungai

  1. Pengertian Pola Aliran pada Sungai

Yang disebut dengan pola aliran pada sungai adalah suatu kumpulan dari sungai yang memiliki bentuk yang sama dan menggambarkan keadaan profil dan unsur genetik dari sungai tersebut. Terbentuknya sebuah pola aliran pada air sungai disebabkan oleh faktor alami, seperti unsur morfologi, jenis tanah dan batuan pada daerah sungai, tingkat erosi, serta struktur geologinya.

  1. Jenis-Jenis Aliran Sungai

Dilihat dari jenisnya, terdapat 10 jenis dari pola aliran air sungai. Diantaranya adalah Pola Dendritik, Pola Aliran Rectangular, Aliran Trellis, Radial, Radial Sentripetal, Aliran Paralel, Annular, Angular, Radial Sentrifugal, dan Pola Aliran Pinnate. Kebanyakan sungai di Indonesia memiliki pola Dendritik, dimana pola tersebut memiliki cabang seperti pada tulang daun.

  1. Bentuk-bentuk Aliran Sungai

Sedangkan jika dilihat dari segi bentuknya, ada 12 bentuk pola pada aliran sungai. Yaitu, bentuk sungai Konsekuen Lateral, Konsekuen Longitudinal, Subsekwen, Superimposed, Anteseden, Resekuen, Obsekwen, Insekwen, Reserve, Komposit, Anaklinal, dan bentuk sungai Compound.

Nah, itulah beberapa informasi singkat mengenai pola aliran air pada sungai. Memiliki berbagai jenis dan bentuk, pola tersebut ternyata terbentuk secara alami dari unsur morfologis yang ada. Semoga singkat informasi di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan seputar sungai.